Thursday, May 31, 2012

SMS Gratis Antar-operator Dihentikan Per Hari Ini

Layanan pesan singkat (SMS) gratis antar operator resmi dihentikan mulai Jumat (1/6) hari ini. "Kami memutuskan bahwa biaya terminasi SMS adalah Rp23 per SMS untuk pengiriman satu operator ke operator lain," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring di Jakarta, Kamis (31/5) malam.
SMS Gratis Antar-operator Dihentikan Per Hari Ini
Keputusan tersebut diambil, menurut Tifatul, karena saat SMS antaroperator gratis terjadi peningkatan SMS spam atau SMS yang tidak dikehendaki. "Dulu memang gratis, tapi yang terjadi adalah penggunaan untuk kegiatan negatif seperti spam dan penipuan. Pengenaan biaya sudah disepakati oleh Asosiasi Telepon Seluler Indonesia," kata Tifatul.

Menurut Tifatul, apakah operator akan mengenakan biaya Rp23 kepada pelanggan, diserahkan kepada operator. "Keputusan ini bisa berdampak pada pengguna, tergantung pada kebijakan operator apakah mau mengenakan biaya. Mungkin bisa saja Rp50 atau Rp100 kepada penggunanya," jelas Tifatul.

Keputusan ini diambil untuk keadilan. Karena ada operator dengan pelanggan yang amat besar. Tifatul mencontohnya, sebuah operator memiliki lima juta pelanggan. Sedangkan operator B punya 100 juta pelanggan dan jaringan luas. "Masa digratiskan terus? Harus ada yang membayar layanan SMS tersebut," kata Tifatul.

Tifatul menegaskan, SMS dengan operator yang sama tetap gratis. "Keputusan ini untuk keadilan dan mengurangi keluhan masyarakat terhadap spam. Memang tidak dapat menghilangkan tapi setidaknya mengurangi," tegas Tifatul.

Sumber
Infoinfo unik Review Rating: 85 out of 100 based on32012 reviews.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites