Thursday, May 31, 2012

Ditemukan Berlian dengan diamater 3.000km

Para Astronomer menemukan Berlian di langit, tepatnya diatas Australia. Ya ini adalah sebuah Bintang Berlian dan merupakan Berlian terbesar yang pernah ditemukan karena memiliki diameter 3.000Km. Luaarrr Biasa!!!

Menurut Astronom America dari Havard-Smithsonian Center for Astrophysic Bintang Kerdil ini berada di konstelasi Centaurus dengan jarak 50 Tahun cahaya dari bumi dan Bintang ini memiliki inti selebar 3.000Km berupa Kristalisasi Karbon atau Berlian.

Beratnya 2.27 Ribu Triliun Triliun Ton atau 10 Milyar Triliun Triliun Karat yang artinya angka 1 diikuti 34 Nol. Bandingkan dengan berlian terbesar di Bumi yaitu British Crown Jewels hanya 530 Karat.

Bintang Kerdil putih ini hasil dari bintang tetap kecil yang menuju ke masa akhir evolusi, dan intinya adalah karbonkristal (batu permata) yang berdensitas eksra tinggi, bagian luar diselimuti dengan lapisan hidrogen dan helium.

Sehari menjelang Hari Valentine pada 2 tahun silam, ilmuwan asal Amerika Serikat Micter Kaerf, Monger Marry dari Universitas Combridge, Inggris, dan ilmuwan asal Brasil yakni Kannan mengumumkan bahwa mereka telah menemukan bintang “BPM 37093”,
ketika itu Micter dengan nada canda mengatakan : “Meskipun harta kekayaan Sang Raja Komputer Bill Gates plus harta Donald Trump digabung juga tidak akan sanggup membelinya.”

Selama 40 tahun ini, astronom selalu beranggapan bahwa inti bintang Kerdil putih akan mengkristalisasi seiring dengan turunnya suhu, namun bukti yang akurat semuanya sulit diamati. Micter menghitung intinya memang sudah mengkristal melalui getaran pulsasi “BPM 37093”-nya bintang Kerdil putih.

5 miliar tahun kemudian, matahari kita juga akan berubah menjadi sebuah bintang Kerdil putih, dan ditambah lagi dengan beberapa masa, maka yang tampak di pusat tata surya kita saat ini hanya berupa sebuah batu permata raksasa.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites