Tuesday, May 29, 2012

Bos Kedua Al Qaeda Tewas di Bom NATO

[imagetag]
Pesawat Pengebom AS

KABUL - Pemimpin tertinggi kedua Al Qaeda Afghanistan, Sakhr al Taifi, dilaporkan tewas dalam sebuah serangan udara yang dilancarkan oleh pasukan North Atlantic Treaty Organization (NATO). Serangan tersebut dilakukan di Provinsi Kunar, Kota Watahpur, Afghanistan.

Sakhr al Taifi atau dikenal sebagai Mushtaq (Nasim) selama ini diketahui bertanggung jawab memimpin militan asing di Afghanistan dan menyusun rencana serangan terhadap pasukan NATO dan pasukan Afghanistan. Demikian keterangan yang disampaikan oleh International Security Assistance Force (ISAF) pimpinan NATO yang dikutip Associated Press Selasa, (29/5/2012).

Namun, tidak diketahui pasti apakah terdapat warga sipil yang terluka dalam serangan pesawat pengebom NATO tersebut.

Dalam keterangannya pihak ISAF juga menyebutkan, Sakhr al Taifi selama ini kerap berpindah-pindah tempat sembari beberapa kali melancarkan serangan ke pasukan NATO dan pasukan Afghanistan. Sakhr al Taifi pun sebelumnya sempat terlacak berada di Pakistan.

Saat ini sebagian besar pemimpin senior Al Qaeda disinyalir berada di Pakistan, menyusul invasi Amerika Serikat (AS) atas Afghanistan beberapa tahun lalu. Kelompok militan ini pun diduga kuat hanya menyisakan beberapa kekuatan nominal saja di Afghanistan.

Selama ini sejumlah pemimpin senior Al Qaeda dilaporkan kerap tewas dalam serangkaian serangan udara yang dilancarkan pesawat pengebom AS di Pakistan termasuk salah satunya pemimpin tertinggi Al Qaeda, Osama bin Laden. Meski tidak tewas oleh pesawat pengebom AS namun, bin Laden diketahui tewas di tempat persembunyiannya, Kota Abbottabad, Pakistan.

sumber

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites