Monday, May 7, 2012

Atlet Marathon Tertua di Dunia, Berumur 101 Tahun

[imagetag]

Atlet marathon yang tertua adalah Fauja Singh. Pria asal India ini lahir pada 1 April 1911, atau saat ini ia berusia 101 tahun. Ia tercatat sebagai atlet marathon tertua saat mengikuti kejuaraan lari marathon yang diselenggarakan di Toronto, Kanada, pada Oktober 2011 silam.
Di usianya yang sudah lebih dari satu abad, Fauja Singh sudah mengikuti kejuaraan lari marathon sejak usianya 89 tahun. Hingga saat ini, ia sudah beberapa kali ikut lomba lari marathon. Di Toronto, Kanada, sekali, di London lima kali, dan sekali di New York, AS. Kini, ia kembali ikut kejuaraan marathon yang digelar di Inggris, tepatnya di Edinburgh. Kejuaraan ini dilaksanakan pada 29 Mei 2012.

Dengan usianya yang sudah terbilang sepuh itu, rekor lari yang ditempuhnya cukup baik. Catatan waktu terbaiknya dalam lomba lari marathon itu adalah lima jam 40 menit saat ikut di Toronto, Kanada. Walau tidak menang, tapi keikutsertaan Fauja Singh dalam kejuaraan lari marathon ini memberi motivasi bagi peserta lainnya.

[imagetag]

Fauja Singh menyatakan, untuk mengikuti lari marathon sepanjang 42 kilometer, ia senantiasa berlatih setiap hari dengan menempuh jarak sejauh 16 kilometer. Ditanya resepnya, Singh menyatakan, ia senantiasa minum jahe dan teh.

Apa resepnya untuk senantiasa tetap kuat dan hidup bahagia? Singh mengatakan, harus suka beramal dan berpikir positif. "Saya bukan orang terpelajar. Bagi saya, rahasia hidup bahagia adalah suka beramal, berpikiran positif, dan hidup sehat," ujarnya.

[imagetag]

Dan yang terpenting juga, lanjut Singh, ia akan terus berlari dan mengabaikan perintah orang untuk mengakhiri kariernya. "Jika ada orang bilang saya harus berhenti berlari, saya akan abaikan mereka. Rahasia panjang umur dan hidup sehat adalah bebas stres," jelasnya. Ini
Sumber : Atlet Marathon Tertua di Dunia Berusia 101 Tahun | Unikgaul

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites