Wednesday, May 23, 2012

5 Brand yang Sukses Jualan via Instagram

Bila bisa memanfaatkannya dengan baik, keberadaan aplikasi foto Instagram bisa dipakai sebagai alat marketing.
Seperti 5 brand berikut yang terbukti sukses melakukan kampanye marketingnya lewat akun yang mereka besut. Brand apa saja yang dimaksud?

1. Starbucks
[imagetag]

Gerai kopi terkenal ini adalah salah satu pengadopsi awal Instagram dan telah memiliki ratusan ribu follower. Di akunnya, Starbucks menekankan pada pengalaman in-store dari gerai-gerainya yang tersebar di seluruh dunia, termasuk bagaimana perusahaan ini mengetes rasa kopi baru di markas besarnya.

Trik marketing: Menjaga kesegaran konten dan membuatnya interaktif. Kehadiran foto mampu digunakan untuk berhubungan dengan konsumen lewat cara yang berbeda.

2. Red Bull
[imagetag]

Bukan hanya sekadar minuman, Red Bull sudah identik dengan gaya hidup. Brand ini kerap menjadi sponsor olahragawan dan event-event ekstrim. Nah, inilah yang dimanfaatkan Red Bull di akun Instagramnya, di mana menampilkan foto-foto aktivitas olahraga yang memicu adrenalin.

Trik marketing: Pastikan foto yang diposting bermakna bagi konsumen. Ambil waktu untuk memikirkan foto apa yang ingin dilihat para penggemar dan bagaimana mempresentasikannya dengan cara yang menarik.

3. Mark Jacobs
[imagetag]

Brand fashion ternama Marc Jacobs mendemonstrasikan bahwa bukan pemilik brand saja yang bisa mengupload foto di akunnya. Mereka mendorong para follower untuk membagikan foto keluarga dengan memakai hashtag #marcfam.?

Mark Jacobs lantas memamerkan foto-foto itu dan menciptakan kolase di situsnya agar bisa dilihat publik. Teknik ini memberikan kesempatan pada konsumen untuk berpartisipasi secara aktif dengan brand Mark Jacobs.

Trik marketing: Cari cara untuk melibatkan konsumen di konten yang Anda kreasikan.

4. Tiffany & Co

[imagetag] tiffany & co
Produk Tiffany & Co. terkenal dengan harganya yang menjulang. Di akun Instagramnya, Tiffany mengajak follower untuk melihat detail pembuatan cincin berlian dan perhiasan-perhiasan mewah lainnya.

Dari mulai perangkat yang dipakai, teknik dan para teknisinya diabadikan dalam foto-foto menarik yang mereka posting. Dan tentu saja, tak luput mereka menyertakan foto hasilnya.

Trik marketing: Berikan pemahaman yang baik pada konsumen mengenai produk yang dibuat. Sajikan sisi lain dari produk yang mereka cintai.

5. General Electric
[imagetag]

Dengan memfollow akun GE di Instagram, user akan diberi kesempatan untuk mengintip mesin-mesin dan turbin di balik inovasi-inovasi yang diluncurkan GE, demikian dilansir dari HubSpot, Senin (21/5/2012).

General Electric juga sempat mengadakan kontes di akunnya. Pemenangnya diterbangkan ke Wales untuk menjepret sebuah fasilitas aviasi.

Dilaporkan, ada sebanyak 4.000 foto Instagram yang dikumpulkan dengan hashtag #GEInspireMe. Tak hanya berhasil melibatkan follower di media sosial, perusahaan ini juga mampu membuat orang tertarik pada mesin-mesin turbin.

Trik marketing: Jika produk yang dihasilkan jauh dari kata 'seksi', berkreasilah agar keterlibatan konsumen dengan brand tetap terjaga. Menggelar kontes foto bisa membuat konsumen tertarik, juga melebarkan audiens serta mengedukasi mereka tentang topik penting terkait brand yang dimaksud.


source: http://www.info-asik.com/2012/05/5-brand-yang-sukses-jualan-via.html#ixzz1vfuTwu2K
658910

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites