Saturday, May 26, 2012

Makanan dan Minuman Pemicu Sakit Kepala

[imagetag] idegue-network.blogspot.com - Makanan dan Minuman Pemicu Sakit Kepala  
Makanan dan Minuman Pemicu Sakit Kepala  - Nyeri kepala yang Anda rasakan ternyata bukan hanya disebabkan faktor ekstrenal seprti stres, melainkan juga bisa dipicu oleh makanan. Makanan seperti alkohol, cokelat, dan kafein telah diidentifikasi sebagai pemicu sakit kepala. 

Berikut delapan makanan yang ditengarai bisa memicu sakit kepala menurut hasil penelitian Nuh Rosen, MD, Direktur Institut Sakit Kepala di North Shore-LIJ di Long Island, NY. 

1. Cokelat 
Dalam penelitian yang dipresentasikan dalam International Headache Society, disebutkan bahwa cokelat justru sebenarnya melindungi sel-sel syaraf yang menyebabkan migrain. Tapi 22 persen dari penderita sakit kepala mengidentifikasi cokelat sebagai salah satu pemicu sakit kepala mereka. "Cokelat mungkin dikategorikan sebagai pemicu migrain," kata Dr Rosen. "Maka itu, mengunyah cokelat mungkin merupakan hasil dari migrain, bukan penyebabnya. 

2. Anggur merah dan alkohol lain 
Sulfit yang digunakan sebagai pengawet dalam anggur merah telah dikaitkan dengan sakit kepala migrain. Alkohol dalam minuman apa pun menyebabkan peningkatan aliran darah ke otak Anda dan juga dapat menyebabkan dehidrasi. Menurut Robert Daroff, MD, profesor neurologi di Case Western Reserve School of Medicine di Cleveland keduanya mungkin memicu sakit kepala. 

3. Kopi 
"Jika Anda tidur pada akhir pekan dan terbangun dengan sakit kepala, Anda mungkin memiliki sakit kepala kafein," kata Dr Daroff. Sedikit kafein sebenarnya dapat membantu menyingkirkan sakit kepala migrain, dan kafein dapat dikategorikan sebagai obat migrain, tapi terlalu banyak kafein bisa menjadi pemicu sakit kepala. 

4. Keju 
"Tidak banyak penelitian pada keju sebagai pemicu migrain, tetapi umumnya peneliti sepakat bahwa keju tua lebih cenderung menyebabkan sakit kepala," jelas Rosen. Pelakunya mungkin zat yang disebut tyramine yang terbentuk sebagai protein dalam keju. Semakin lama usia keju, semakin banyak tyramine yang dikandung. Jika Anda tak ingin sakit kepala, hindari keju Swiss, cheddar, gouda, dan parmesan. 

5. MSG 
Monosodium glutamat (MSG), yang ditemukan dalam kecap dan sebagai bahan tambahan makanan pada makanan lainnya, telah diketahui menyebabkan kram, diare, dan sakit kepala yang mengerikan. MSG dapat menyebabkan dehidrasi dan sakit kepala," catat Rosen. 

6. Es krim 
Rasa sakit menusuk yang Anda dapatkan ketika makan es krim terlalu cepat adalah reaksi terhadap dingin, bukan es krim itu sendiri. Sakit kepala karena es krim mungkin karena Anda terlalu panas. Puncak rasa sakit sekitar 30 sampai 60 detik. "Makanan dingin seperti es krim mungkin menjadi pemicu migrain, tetapi bagi kebanyakan orang, rasa sakit hilang dengan cepat. Solusinya adalah makan es krim atau minum minuman dingin lebih lambat," saran Daroff. 

7. Pisang 
Agak aneh memang pisang muncul pada daftar makanan yang memicu sakit kepala. Tapi, nyatanya mereka bisa memicu migrain bagi yang sensitif terhadap tyramine, substansi yang sama ditemukan dalam keju. Studi menunjukkan bahwa kulit pisang memiliki sekitar 10 kali lebih banyak tyramine dari daging pisang. Belum ada penelitian yang dapat dipercaya tentang ini, tetapi ada baiknya ANda tidak memakan serabut-serabut kulit pisang Anda jika tak ingin sakit kepala. 

8. Daging olahan 
"Tidak ada studi yang mengatakan daging olahan akan menyebabkan Anda sakit kepala," kata Rosen. Tapi nitrat dan nitrit digunakan sebagai pengawet dalam hot dog dan bacon dapat melebarkan pembuluh darah dan memicu sakit kepala pada beberapa orang.
Makanan dan Minuman Pemicu Sakit Kepala
Sumber : MediaIndonesia

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites