Sunday, May 13, 2012

KNKT: Blackbox Sukhoi Sudah Ditemukan, Tapi Belum Diangkat

[imagetag]

Jakarta, Tim evakuasi telah menemukan lokasi blackbox pesawat Sukhoi SuperJet 100 di tebing lembang Gunung Salak. Namun kotak yang berisi rekaman pembicaraan antara pilot dengan ATC dan data teknis penerbangan belum diangkat gara-gara cuaca yang terlanjur memburuk.

"Hari ini sudah dilokalisir dan belum bisa diangkat," kata Kepala KNKT, Marsda (Pur) Tatang Kurniadi, di Posko Cijeruk, Kabupaten Bogor, Minggu (13/5).

Menurutnya, blackbox ditemukan di tebing yang merupakan lokasi kecelakaan. Proses evakuasi yang akan dilanjutkan pada esok pagi, rencananya akan sekaligus mengangkat benda penting tersebut.

Sementara itu, dalam rapat koordinasi antara KNKT Indonesia dengan Rusia, ada tiga hal kesepakatan penting untuk kerjasama tim di lapangan. Pertama, operasi helikopter Rusia di bawah kendali Lanud Atang Sanjaya, Bogor.

"Ini untuk kepentingan safety," tegas Tatang.

Poin selanjutnya adalah kendali evakuasi yang dilakukan Rusia berada di bawah Badan SAR Nasional. "Sehingga kegiatan mereka diketahui Basarnas," ujar Tatang.

Bagian ketiga adalah penyerahan blackbox di lokasi. Penyerahannya oleh tim Basarnas kepada KNKT akan disaksikan tim rescue Rusia.

"Kalau mereka terlebih dulu menemukan, sesuai aturan kita nanti diserahterimakan ke Basarnas dan KNKT," tegas Tatang.
sumber

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites