Sunday, May 20, 2012

Inilah Berlian Terbesar Kerajaan Inggris

Acara Queen Diamond Jubilee pada 5 Juni 2012 mendatang, merupakan gelaran yang paling ditunggu-tunggu rakyat Inggris, dan pecinta perhiasan di seluruh dunia. Bagaimana tidak, koleksi perhiasan mewah yang hanya dimiliki Kerajaan Inggris akan dipamerkan ke hadapan publik.
Termasuk juga, beberapa koleksi berlian hasil potongan dari berlian terbesar, yang untuk kali pertamanya diperlihatkan pada publik di istana Buckingham. Perhiasan yang dipamerkan antara lain, bros yang bertahtakan berlian seberat 94,4 karat. Ada juga bros bentuk hati dengan hiasan berlian 63,3 karat.
Bros tersebut dipakai oleh Ratu Elizabeth II selama enam dekade terakhir. Berlian-berlian cantik tersebut diolah oleh Cullinan Diamond, perusahaan pertambangan berlian, yang sampai saat ini kualitas potongannya tak tertandingi.

[imagetag]


Cerita di balik pembuatan berlian tersebut sangat menarik dan mungkin belum banyak diketahui. Ketika penambangan dilakukan pada 1905, pengelola pertambangan di daerah Pretoria, Afrika Selatan, membuangnya begitu saja karena dianggap sampah.

[imagetag]


Saat dilakukan pemeriksaan oleh staf dari Cullinan, ternyata itu merupakan berlian asli. Bahkan ternyata, ukurannya tiga kali lebih besar dari berlian yang ditemukan sebelumnya.Berat kasarnya mencapai 3.106 karat dengan kemurnian warna putih dan biru. 

Berlian tersebut lalu diberi nama Cullinan. Segera setelah ditemukan, berlian tersebut dikirim ke istana Buckingham untuk dilihat oleh Raja Edward VII. Selama dua tahun, tak ada orang yang mau membeli berlian tersebut, karena ukurannya yang sangat besar dan sulit untuk dipotong.

Lalu, Perdana Menteri Transvaal, salah satu koloni Inggris, menyarankan pemerintahannya untuk mendapatkan Cullinan dan menyerahkan pada Raja Edward VII. Hal ini dilakukan sebagai tanda kesetiaan.

Pada 1907 berlian yang belum dipotong itu, akhirnya dibawa ke Sandringham House di Norfolk. Pemotongan dipercayakan pada perusahaan IJ Asscher di Amsterdam. Berlian ternyata terlalu besar untuk dipotong menjadi permata tunggal, sehingga akhirnya dibelah atau digergaji.

Hasilnya, berlian terbagi dua. Selama delapan bulan proses grinding dan polishingmenghasilkan sembilan berlian utama, 96 berlian kecil dan sembilan karat berlian berfragmen kasar. Total berat setelah melalui proses pemotongan yaitu 1.055 karat.

Pada 1909 dua berlian terbesar dengan potongan paling sempurna di dunia, secara resmi diberikan kepada Raja Edward VII di Windsor Castle. Berlian ini lalu dijadikan hiasan di kepala tongkat Sovereign's Sceptre dan mahkota Imperial State, yang dikenakan pemegang tahta Kerajaan Inggris.

[imagetag]

source: http://www.kerincigoogle.com/2012/05/inilah-berlian-terbesar-kerajaan.html
658910

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites