Wednesday, May 2, 2012

Inilah 8 Faktor yang Mempengaruhi Ukuran Payudara Seseorang

[imagetag]
Umumnya ketika seorang wanita berusia 18-20 tahun, maka ia telah mencapai pertumbuhan yang optimal dari payudaranya. Sehingga ukuran yang didapatkan pada usia tersebut merupakan ukuran maksimal dari payudaranya. Terkadang ukuran ini bisa berubah saat hamil, menyusui atau mengonsumsi obat estrogen tertentu seperti pil KB.


Seperti dikutip dari detikhealth, ada beberapa faktor yang mempengaruhi ukuran payudara seseorang, yaitu:

1. Keturunan

[imagetag]

Faktor keturunan memainkan peranan yang cukup besar dalam menentukan ukuran payudara. Biasanya hal ini ditentukan dari ukuran payudara sang ibu. Tapi tidak semua anak memiliki ukuran payudara yang sama dengan ibunya, karena faktor lain juga turut mempengaruhi.

2. Usia

[imagetag]

Payudara adalah organ yang sangat dinamis dari tubuh manusia, ukurannya mengalami perubahan terus menerus sepanjang usia orang tersebut. Jika sejak muda sudah menggunakan bra yang tepat, maka payudara akan tumbuh dengan baik. Namun jika sudah tua, maka ligament cooper (urat yang mempertahankan bentuk payudara) sudah kehilangan kekuatannya. Itulah yang sebabkan payudara menurun dan mengecil.

3. Menstruasi

[imagetag]

Ukuran payudara akan sedikit mengalami perubahan selama siklus menstruasi. Perubahan ukuran dari payudara ini biasanya disertai dengan perubahan bentuk puting dan areolanya.

4. Kehamilan

[imagetag]

Selama hamil ada beberapa perubahan dalam ukuran payudara dan sebagian besar perubahan ini menjadi permanen. Payudara akan meningkat dan menunjukkan peningkatan ukuran cup. Beberapa wanita mengalaminya saat kehamilan pertama, tapi ada juga yang mengalaminya setiap kali hamil.

5. Diet

[imagetag]

Beberapa makanan mengandung zat tertentu yang bisa meningkatkan ukuran payudara seperti kedelai, ginseng, akar dandelion dan semua biji-bijian adas. Karenanya beberapa wanita yang sering mengonsumsi makanan ini kemungkinan memiliki payudara yang lebih besar.

6. Kenaikan dan penurunan berat badan

[imagetag]

Setiap terjadi perubahan berat badan secara keseluruhan, maka akan mengubah ukuran payudaranya juga. Perubahan ini umumnya bersifat reversible, dalam arti akan kembali ke ukuran aslinya.

7. Penyakit

[imagetag]

Beberapa penyakit bisa mempengaruhi ukuran payudara menjadi lebih kecil atau justru membesar.

8. Olahraga

[imagetag]

Olahraga dapat mempengaruhi ukuran payudara. Salah satunya adalah bentuk latihan yang bekerja langsung terhadap otot dada yang mendasari jaringan payudara dan membantu mengencangkan payudara. Selain itu yoga dan terapi Ayurvedic juga mempengaruhi ukuran payudara.

[Sumber]


0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites