Wednesday, May 2, 2012

Gaji Pemain Barcelona Tertinggi di Dunia

[imagetag]
BBC Indonesia/ReutersPara pemain Barcelona menjadi olahragawan berpenghasilan tertinggi di dunia.

Barcelona berpeluang mengakhiri musim ini tanpa raihan gelar satupun. Meski demikian, para pemain klub Catalan itu tetap merupakan olahragawan dengan gaji tertinggi di dunia.

Menurut data yang dihimpun Sporting Intelligence, sebuah perusahaan analis industri terkemuka, rata-rata pemain tim utama Barcelona mengantongi gaji £101,160 atau sekitar Rp1,5 miliar per pekan. Dengan jumlah ini, maka rata-rata pemain Barcelona memiliki gaji £10.000 atau hampir Rp150 juta lebih besar dari olahragawan di klub elite mana pun di dunia.

Posisi kedua ditempati Real Madrid yang rata-rata pemainnya bergaji £90.859, disusul Manchester City dengan £86.280 dan Chelsea yang menggaji para bintangnya rata-rata £79.197 per pekan. Sedangkan para pebasket LA Lakers menjadi atlet non sepakbola dengan gaji tertinggi yaitu £73,612 atau sedikit di atas Rp1 miliar per pekan, sekaligus menempati posisi kelima.

Kesepuluh

Sementara itu di peringkat keenam klub baseball New York Yankees yang memiliki olahragawan termahal dunia Alex Rodriguez menempati urutan keenam dengan kisaran gaji hampir sama dengan LA Lakers. Dua tahun lalu Yankees menempati posisi pertama dalam daftar ini namun peringkatnya melorot setelah muncul pembatasan besaran gaji atlet di Amerika Serikat.

Sementara di Eropa, klub-klub sepakbola besar rela merogoh kantungnya dalam-dalam demi membayar bintang-bintang topnya. Yang sedikit mengejutkan adalah Manchester United yang hanya menempati peringkat kesepuluh dengan rata-rata gaji £63.514 atau sekitar RP950 miliar per pekan.

Klub liga Inggris lain yang ada dalam daftar ini adalah Arsenal di posisi ke-16 dan Liverpool di peringkat ke-18. Sedangkan Aston Villa menduduki posisi ke-41 dan tak ketinggalan Tottenham Hotspur di peringkat ke-51.

Dampak

Penulis laporan ini menyimpulkan, banyaknya klub liga-liga sepakbola Eropa yang menduduki 10 besar pemberi gaji tertinggi merupakan bukti aturan pembatasan gaji yang didengungkan UEFA tak memberi pengaruh apapun.

"Aturan pembatasan gaji yang digagas UEFA memang sudah di depan mata. Namun efektivitasnya masih harus dibuktikan," papar laporan ini.

"Dalam dalan banyak kasus klub terbesar dan terkaya akan terus memberikan gaji yang luar biasa besar namun masih mampu mendapatkan uang untuk membayar pengeluaran mereka," tambah laporan itu.

Kemampuan klub-klub sepakbola kaya membayar gaji para pemainnya sungguh kontras jika dibandingan dengan klub-klub lain. Sebagai contoh di La Liga Spanyol, para pemain Barcelona menerima gaji rata-rata menerima gaji 22 kali lebih besar dibanding pemain klub terbawah di divisi utama Liga Spanyol.

Dengan kondisi ini, maka liga basket Amerika Serikat NBA bisa dianggap sebagai liga dengan rataan gaji pemain paling adil di dunia. Para pemain di klub-klub top mendapatkan gaji rata-rata £50.883 dan klub terbawah NBA saat Indiana Pacers masih bisa memberikan gaji rata-rata £39.334 per pekan.

sumber

osserem 02 May, 2012

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites