Friday, January 13, 2012

Motor Murah dan Irit BBM Buatan SMK, Cukup Rp 8 Jutaan

Motor Murah dan Irit BBM Buatan SMK, Cukup Rp 8 Jutaan - Kreasi yang patut dibanggakan dari siswa-siswa SMK di Kota Solo terus berlanjut. SMK pun kini sudah memproduksi dan memasarkan motor sendiri yang dinamai Pesona 5.
Motor Murah dan Irit BBM Buatan SMK, Cukup Rp 8 Jutaan
Seperti diberitakan Trans7, motor buatan SMKN 5 Surakarta ini menggunakan mesin 4 tak berkapasitas 100 cc. Dan motor pun diklaim lebih irit dari sepeda motor lainnya.

Para siswa mengaku tidak kesulitan memproduksi motor. Hebatnya lagi, tidak seperti mobil Esemka yang proses perizinannya masih berliku, Pesona 5 ini telah mengantongi izin laik jalan dan sudah dijual bebas di pasaran.

Dari 60 unit yang sudah diproduksi, hampir semuanya tepatnya 54 unit sudah laku di pasaran. Harga yang cukup murah yakni Rp 8 jutaan membuat motor ini sangat diminati.

Motor merupakan hasil kerjasama produsen motor nasional PT Inti Kanzen Motor dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Saat itu setidaknya ada 13 SMK yang digaet Kanzen.

Antara lain SMKN 4 Cilincing Jakarta Utara, SMK 1 Sukabumi, SMK 2 Subang, SMK 1 Bandung, SMK 1 Semarang, SMK 5 Surakarta, SMK 2 Muhammadiyah Magelang, dan di Jawa Timur yakni SMK 5 Surabaya, serta gabungan beberapa SMK di Malang.

Kerjasama Kanzen dan SMK diawali dengan penandatanganan MoU dengan Departemen Pendidikan dalam hal ini adalah Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah di akhir tahun lalu, tepatnya saat Jakarta Motor Show 2008.

Para siswa SMK itu mengikuti pelatihan di bidang manufaktur dan perakitan, perawatan dan perdagangan sepeda motor.[sumber:oto.detik.com]

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites