Friday, January 20, 2012

Tips Memilih Busana Cheongsam untuk Hari Raya Imlek

CHEONGSAM, atau yang juga disebut Qipao, merupakan busana tradisional Cina yang identik dengan bentuk kerah yang khas.

Bagian kerahnya menyerupai model turtleneck dengan modifikasi dan ornamen yang memberi kesan manis.

Busana cheongsam juga memiliki kancing di bagian atas dada yang disusun menyerong. Keunikan ini semakin apik saat dipadukan dengan warna-warna cerah dan motif detil.

Bagi para wanita, diperlukan sedikit kehati-hatian dalam menggunakan busana cheongsam. Modelnya yang mempertegas bentuk tubuh membuat bagian tubuh yang berlemak menjadi semakin jelas, terutama di bagian perut atau lengan.

Sebaliknya, bagi Anda yang memiliki tubuh langsing, busana cheongsam mampu menonjolkan keunikan tubuh Anda.

Busana cheongsam menjadi pilihan pas untuk menyambut hari raya Imlek yang jatuh beberapa hari lagi. Berikut ini tips memilih cheongsam yang sesuai dengan bentuk tubuh Anda.

1. Tubuh pendek

Bagi Anda yang bertubuh mungil, hindari cheongsam yang dilengkapi busa atau pad di bagian pundak. Ganjalan busa di pundak membuat Anda terlihat lebih pendek. Hindari pula gaun cheongsam panjang, karena dapat membuat Anda nampak ‘tenggelam’.
Tips Memilih Busana Cheongsam untuk Hari Raya Imlek
2. Pundak lebar

Penggunaan busa di pundak juga sangat tidak disarankan bagi Anda yang memiliki pundak lebar, karena dapat membuat pundak terlihat lebih besar. Pilih cheongsam dengan bahan lembut dan ringan seperti sutera untuk memperlembut siluet tubuh.

3. Tubuh kurus

Cheongsam memang pas bagi wanita bertubuh langsing. Tapi jika terlalu langsing alias kurus, pilihlah cheongsam berbahan brokat atau lace yang memberi efek volume di tubuh.

4. Dada besar

Jika Anda berdada besar, Anda dapat memilih busana cheongsam dengan aksen V di leher yang lebih rendah. Cheongsam dengan aksen cut-out di atas dada juga dapat menonjolkan keindahan buah dada Anda. Sebaliknya, jika Anda berdada kecil, Anda dapat memilih cheongsam dengan potongan standar yang memang diperuntukkan bagi wanita berdada mungil, khas wanita Asia.

5. Lengan besar

Ada tumpukan lemak di lengan atas? Hindari cheongsam sleeveless alias tanpa lengan. Cheongsam dengan lengan ¾ dapat menyembunyikan lengan yang besar.

6. Leher pendek

Pakaian berleher turtleneck menjadi pantangan bagi orang-orang berleher pendek, begitu juga dengan busana cheongsam. Solusinya, pilih model cheongsam dengan kerah lebih pendek dan aksen V lebih rendah untuk memberi efek leher lebih jenjang. Sebaliknya, kerah cheongsam yang tinggi terlihat manis bagi Anda yang memiliki leher panjang.

7. Bentuk tubuh tidak seimbang

Bagi Anda yang memiliki bentuk tubuh tidak seimbang (bagian atas kecil dan bagian bawah besar, atau sebaliknya), gunakan cheongsam two-pieces yang dapat disesuaikan dengan bentuk tubuh Anda. Dengan begini, Anda dapat memilih atasan cheongsam yang sesuai dengan bentuk tubuh bagian atas dan rok senada yang pas dengan tubuh bagian bawah.

Gong Xi Fa Chai !

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites