Monday, January 2, 2012

'Lukisan' Cantik Bir-Vodka Dalam Mikroskop

Bir dan Vodka ternyata merupakan 'lukisan' cantik yang tercipta secara alami. Untuk membuktikan ini, sebuah perusahaan di Amerika pun menunjukkan gambar bir, cocktail, vodka, dan minuman campuran lain, dalam perbesaran 1000 kali dengan menggunakan mikroskop.

Sebuah sampel diambil dengan menggunakan pipet, yang kemudian dikristalisasi selama tiga pekan. Zat gula dan asam dalam minuman tersebut lalu membentuk kristal mengagumkan, yang setiap minuman terlihat berbeda.

Krital itu merupakan kreasi yang dibuat di laboratorium Florida State University, setelah seorang ahli kimia tak sengaja mendapatkan ide untuk menjual gambar tersebut untuk kelanjutan lab.

Semuanya dikerjakan dengan mikroskop biasa, yang mampu dilihat dengan menggunakan cahaya, dengan mempolarisasi sumber cahaya melewati kaca mikroskop. “Yang anda lihat dalam perbesaran gambar merupakan pengkristalan karbohidrat yang telah menjadi gula dan glukosa,” jelas pendiri Bevshots, Lester Hutt dalam laman Daily Mail.

“Setiap gambar dibuat dari tiap minuman dengan menggunakan pipet dan mengeraskan potongan itu ke dalam sebuah kaca,” jelasnya.

Setelah itu, tetesan dikeringkan untuk kemudian ditempatkan dibawah mikroskop untuk mengambilam gambar. Pengambilan ini biasanya butuh empat pekan agar alkohol mengering secara sempurna dalam wadah kedap udara. Dalam beberapa kasus, proses ini bisa hanya tiga bulan.

“Beberapa minuman, seperti vodka, tidak memiliki banyak ketidakmurnian. Contohnya sebuah pina colada cocktail,” kata Hutt.

“Jadi saat minuman diteteskan ke dalam bagian utama minuman, maka akan menyebar dan tidak mengering secara baik. Untuk memfoto Vodka butuh 200 percobaan agar mendapatkan hasil terbaik,” lanjutnya.
"Cocktail dapat menghasilkan minuman ringan yang berisi asam sitrat dan gula lebih cepat mengering dan lebih bagus difoto.”

Berbagai bentuk dan warna dari karya seni ini terlihat begitu indah saat tersorot pencahayaan alami dari atas dan bawah kaca. Minuman tersebut diambil menggunakan kamera standar 35 mm.
“Itu seperti bentuk prisma dan perpindahan cahaya yang terjadi saat cahaya matahari menyorot sesuatu,” katanya.

“Dengan latar belakang saya dalam bidang kimia, saya melihat potensi dalam gambar jenis ini. Saya senang mempu menjadikan ini menjadi sebuah karya seni," ucap Hutt.
Bagaimana kecantikan alami dari minuman keras itu, ini tampilannya:
Vodka-Tonic


Sake:


Martini:



Pina Colada:

White Russian (campuran Vodka, Kahlua dan Cream)

Scotch
Lukisan Cantik Bir-Vodka Dalam Mikroskop
[sumber:vivanews.com]

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites