Tuesday, January 10, 2012

Astronom Berhasil Petakan 'Materi Gelap' Terbesar

Astronom Berhasil Petakan Materi Gelap Terbesar - Washington - Materi gelap terbesar di jagat raya akhirnya berhasil dipetakan oleh para ahli astronomi.
Astronom Berhasil Petakan Materi Gelap Terbesar

Para astronom internasional mengatakan bahwa mereka telah membuat peta terbesar dari materi gelap yang pernah diteliti di jagat raya ini, dengan menggunakan data dari teleskop yang mampu memindai 10 juta galaksi.

Isi dari materi misterius tersebut dipercaya adalah yang membuat seperempat dari jagat raya ini. Namun keberadaannya masih merupakan misteri, karena hanya bisa dideteksi melalui daya gravitasi objek-objek yang terlihat. Demikian seperti yang dikutip dari ST.

Untuk membuat peta baru tersebut, para astronom terlebih dahulu mempelajari bagaimana cahaya dari sejumlah galaksi terdistorsi sebagaimana melewati materi gelap ketika sedang menuju Bumi.

"Hasilnya adalah sebuah jaringan kosmik rumit dari materi gelap dan galaksi-galaksi yang berjarak miliaran tahun cahaya," ujar para astronom dari University of British Columbia dan University of Edinburgh.
[sumber:inilah.com]

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites