Saturday, August 11, 2012

Inilah 5 Hal yang Wajib Dihindari Kalau Mudik Naik Motor

Inilah 5 Hal yang Wajib Dihindari Kalau Mudik Naik Motor - Mudik dengan motor menjadi pilihan banyak orang karena murah meriah dan tak terlalu terjebak macet. Tapi jangan salah berkendara motor jarak jauh juga perlu persiapan.
tips saat mudik lebaran- download peta jalur mudik lebaran 2012
Saat ini masih banyak pemudik yang menggunakan sepeda motor kurang memperhatikan keselamatan diri sendiri. Akibatnya angka kecelakaan pemudik sepeda motor terus meningkat.

Jika tidak ingin terhindari dari kecelakaan, haruslah mematuhi peraturan rambu lalu lintas dan berperilaku baik di jalan. Selain itu pastikan menggunakan alat pengaman seperti helm, sarung tangan serta sepatu.

Di luar itu selain servis motor, memperhatikan kelistrikan motor dan perhatikan grip ban, ternyata masih banyak indikasi yang membuat aktivitas mudik kita lebih nyaman. Berikut beberapa hal yang harus kita hindari saat mudik naik motor.

1. Jangan bawa barang berlebihan
Kendaraan motor bukan mobil yang bisa menampung barang bawaan banyak. Membawa barang dengan mobil saja ada aturannya apalagi sepeda motor. Bawa barang secukupnya saja. Jika ingin lebih aman, gunakan box yang diletakkan di belakang motor.

2. Boncenger lebih dari 1
Nah, apabila Anda salah satu yang akan melakukan perjalanan mudik lebaran menggunakan motor, hendaklah perhatikan keselamatan penumpang. Usahakan boncenger jangan lebih dari 1.

3. Tidak menggunakan masker, jaket.
Bawa masker untuk menutupi hidung. Perjalanan mudik tentu akan diwarnai kondisi medan berdebu hingga asap knalpot. Sayangi paru-paru Anda. Selain itu pakai jaket senyaman mungkin. Ada lagi yakni tidak membawa jas hujan. Cuaca yang tidak bisa diprediksi akan membuat perjalanan mudik Anda terganggu.

4. Memodifikasi motor
Servis motor sebelum mudik adalah hal yang tepat. Akan tetapi jika memodifikasi motor adalah hal yang salah. Kondisi motor yang standar tidak ada salahnya.

5. Tidak membawa peta
Harap bawa peta perjalanan mudik. Ini sangat penting untuk mengetahui tempat-tempat seperti tempat persinggahan, posko lebaran untuk peristirahatan.


Sumber
Rating Artikel : 5 Jumlah Voting : 99 Orang

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites