Monday, January 16, 2012

RIM Lisensikan BBX untuk Samsung & HTC?

 Research In Motion (RIM) dilaporkan akan menuju transisi besar, yaitu kemungkinan perusahaan tersebut akan mulai melisensi perangkat lunak BlackBerry untuk vendor pihak ketiga , termasuk Samsung dan HTC.

Hal itu disampaikan dalam catatan penelitian terbaru, oleh analis Peter Misek dari Jefferies & Company, yang melihat peluang Barbara Stymiest untuk mengggantikan kedua chairman RIM, Mike Lazaridis dan Jim Balsillie. "Kami percaya dia akan mengawali kajian strategis yang resmi, mungkin saja memangkas biaya dalam bisnis perangkat keras dan kemungkinan mengumumkan kemitraan tambahan," tulis Misek.

Menurut Misek, RIM telah mengatur sebuah rencana yang kemungkinan akan melihat perangkat lunak berlisensi untuk vendor top lainnya, termasuk Samsung dan HTC. Meskipun tidak dijelaskan bagaimana perusahaan-perusahaan seperti Samsung dan HTC akan menggunakan perangkat lunak tersebut.

"Kami pikir RIM telah memulai beberapa hal, seperti kemungkinan setuju melisensi BlackBerry 10 untuk Samsung, HTC dan mungkin yang lainnya. Ini akan membantu menciptakan massa untuk ekosistem dan mempertahankan pendapatan layanan bulanan RIM," tulis analisis tersebut.

Kemungkinan transisi dari Balsillie dan Lazaridis ke Stymiest sebagai ketua dewan,dengan langkah ke lisensi software BlackBerry nanti akan berdampak untuk jangka panjang daripada jangka pendek.

"Ini menempatkan tekanan yang lebih banyak pada bisnis perangkat keras dalam jangka pendek. Sedangkan jangka panjangnya, mungkin akan membuat para vendor kecanduan pada ekosistem RIM dan mungkin bisa menjual lebih banyak handset BlackBeryy 10. Tapi jika mereka mampu menciptakan handset menarik," tandasnya. (Okezone/FoxBusiness)

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites