Tuesday, June 5, 2012

5 Petunjuk Sebelum Tonton Transit Venus

Inilah 5 Petunjuk Cara Aman Sebelum Tonton Transit Dewi Cinta Venus - Transit Venus akan terjadi pada Rabu besok, tanggal 6 Juni 2012. Fenomena alam ini dianggap sangat langka, sebab selain terjadi pada 2004 lalu, fenomena transit Venus kemungkinan baru akan ada lagi di Desember 2117. Jika anda mau menonton transit Venus, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu. Dan berikut ini adalah lima petunjuk sebelum anda menyaksikan Transit Venus:
Inilah 5 Petunjuk Sebelum Tonton Transit Venus
Kapan itu terjadi?
Pada abad ke-21, transit Venus terakhir terjadi pada 5 Juni dan 6 Juni 2012, bergantung pada wilayah mana Anda melihat. Untuk Indonesia, Dewi Cinta singgah di muka matahari pada Rabu, 6 Juni 2012. Di daerah Sulawesi, Maluku, dan Papua, Venus mulai transit pukul pukul 07.09; pukul 06.09 di Bali dan Kalimantan bagian timur; serta pukul 05.09 di Sumatera dan Jawa.

Berapa lama Venus transit?
Venus membutuhkan hampir tujuh jam untuk menyeberangi wajah matahari. Durasi itu dibagi dalam empat kontak antara Dewi Cinta dan sang Surya. Pertama adalah fase pendekatan Venus ke matahari; kedua, dua puluh menit setelah fase pertama, Venus akan berbentuk siluet; di kontak ketiga, Venus akan mulai beranjak dari matahari; kemudian transit akan berakhir di kontak keempat.

Di mana Anda bisa melihat transit Venus?
Peneliti astronomi Indonesia akan melakukan pengamatan transit Venus di Ambon, Atambua, Jakarta, Bandung, Lembang, dan Yogyakarta. Kalau berminat menonton sendiri, Anda bisa pergi ke Ambon, Atambua, dan Dili. Di tiga lokasi itu, persinggahan Dewi Cinta ke muka matahari akan terlihat jelas.

Untuk Anda yang berada di luar Indonesia, transit Venus bisa dilihat di Alaska, bagian utara Kanada, Selandia Baru, Australia, beberapa negara Asia, dan Rusia. Di Amerika Serikat, transit akan berlangsung pada saat matahari terbenam pada 5 Juni 2012. Sedangkan di Afrika Timur, Eropa, dan Scandinavia, transit berlangsung waktu matahari terbit, 6 Juni 2012.

Bagaimana menonton transit Venus dengan aman?
Waktu Venus singgah, sebaiknya jangan melihat langsung ke arah matahari, meski memakai kacamata hitam. Sebab menonton dengan mata telanjang akan merusak indra penglihatan Anda. Agar aman, tontonlah transit Venus menggunakan kamera lubang jarum. Lubang pada kamera ini memproyeksikan matahari dan Venus ke layar. Karena memiliki intensitas cahaya kecil, bayangan di layar tak akan merusak mata.

Untuk tampilan lebih baik, gunakan teleskop kecil atau teropong untuk memproyeksikan citra matahari ke sebuah layar. Menonton dengan teleskop pun harus memakai filter khusus. Filter ini berguna sebagai penapis cahaya. "Gunakan filter jika tak ingin mata Anda menjadi arang," ujar ahli astrofisika dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Sten Odenwald.

Saya bisa menonton secara online?
Jika Anda tengah berlibur ke luar negeri, terutama Hawaii, ada baiknya mampir ke Observatorium di Mauna. Sebab lembaga antariksa Amerika Seritat, NASA, akan menyiarkan secara langsung fenomena transit Venus itu.

Sumber
9out of 10 based on 211122 ratings. 9 user reviews.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites