Friday, June 29, 2012

Kucing-Kucing Bertubuh Raksasa

Kucing adalah salah satu hewan peliharaan paling favorit di seluruh dunia. Mereka memang sangat menggemaskan dan imut. Namun, bagaimana bila hewan cantik ini memiliki berat di luar bobot normalnya? 


Umumnya bobot tubuh kucing dewasa normal hanya berkisar 3-5 kilogram. Namun, ada beberapa kucing peliharaan yang bobotnya mengalahkan seorang balita berusia 4 tahun! Bobot kucing obesitas ini bisa mencapai belasan kilogram. Berikut beberapa kucing raksasa:

Garfield: Berbobot 18 kg

Kucing asal New York AS ini menjadi kucing tergemuk di dunia, karena bobotnya yang sangat besar. Garfield bukanlah kucing yang senang berkeliaran di luar. Ia lebih suka bermalas-malasan dan makan sepanjang hari.

Setelah pemiliknya meninggal, Garfield dibawa ke North Shore Animal League of America di Port Washington, Long Island.

Para staf di penampungan hewan yang merawatnya memberi diet rendah kalori dan menghindari makanan kering. Garfield ikut permainan bola dan aktivitas lainnya agar aktif. Mereka berharap berat badan Garfield dapat turun sekitar 0,91 kilogram setiap bulan.

Seperti pada manusia, obesitas pada kucing sangat berisiko dan dapat menyebabkan diabetes, penyakit jantung, sendi, tulang, dan ligamen, tekanan darah tinggi serta ketidaktahanan terhadap suhu panas.


Meow : Berbobot 18 kilogram 

Meow adalah pemegang rekor kucing tergemuk di dunia asal Santa Fe, AS, sebelum mati Mei silam akibat komplikasi pernapasan. Dengan bobot 18 kilogram, berarti ia seperti memiliki bobot 300 kilogram bila berukuran manusia.
 
Kucing ini sempat menjadi buah bibir setelah hadir dalam acara talkshow yang dipandu Anderson Cooper dalam upaya mencarikannya pemilik baru yang peduli kesehatannya. Pemilik sebelumnya, berusia 87 tahun, membawa Meow ke penampungan karena merasa tak sanggup lagi mengurusnya.

"Kami berpacu dengan waktu untuk menurunkan berat badan Meow sebelum dia mengembangkan komplikasi dari obesitas dan kami kalah," ujar Direktur penampungan hewan Santa Fe, Mary Martin.

Sponge Bob: Berbobot  16 kilogram

Kehadiran Sponge Bob selalu mendapat perhatian di mana pun dia berada. Dengan tinggi 2 kaki, dengan lebar pinggang 27 inci, kucing ini bahkan lebih besar daripada seorang bocah berusia empat tahun.

Saking besarnya, ia bahkan tidak bisa membersihkan dirinya sendiri, dan mengalami kesulitan berjalan. Tubuhnya yang membengkak karena sang pemilik, Kendra Mara, tak bisa mengatur makanannya.

Kini, Mara berupaya untuk mengurangi bobot tubuh hewan kesayangannya melalui diet tinggi protein agar badan Sponge Bob kembali normal. Lewat program diet, Sponge Bob kini berhasil menurunkan 1,4 kilogram berat badannya.


Sumber: vivanews


0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites