Sunday, November 25, 2012

Kompetisi Sepakbola World Cup untuk Robot

Kejuaraan Sepak Bola AFF tengah berlangsung, ternyata para robot tidak ingin kalah dari manusia, para robot pun kini memiliki ajang sepakbola.

Bertajuk RoboCup 2012, kompetisi sepakbola antara robot dari berbagai negara diselenggarakan di Istanbul, Turki. Disini robot-robot terbaik akan berkompetisi merebut trofi bergengsi.

Di musim ini, kompetisi yang telah bergulir selama 14 tahun ini menghadirkan kompetisi yang sedikit berbeda. Pasalnya robot-robot yang diturunkan lebih canggih dari tahun sebelumnya.

Adapun tujuan dari kompetisi ini adalah mengerahkan segala daya upaya serta inovasi dalam pembuatan robot. Disini para robot harus dilatih menangani berbagai masalah.

Makanya tidak heran jika para robot yang dilatih ini disebut-sebut sebagai robot masa depan. Robot yang bisa mengalahkan manusia pada tahun 2050 mendatang. Semua robot yang bermain harus bersifat otomatis, kendati mesin dapat menyampaikan informasi secara wireless.

"Tujuan utama dari RoboCup adalah membuat sebuah tim yang diakhir tahun 2050, bisa mengalahkan juara dunia Fifa," ujar Dr. Cetin Mericil, pihak penyelenggara.

Tahun lalu, RoboCup melibatkan sekitar 500 tim dari 40 negara termasuk didalamnya Iran, Taiwan dan Chile.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites