Monday, November 26, 2012

SEJARAH - Menelusuri Sekolah Presiden Soekarno Di Surabaya

hotsblack.com - Melintas di Jalan Kebon Rojo di Kota Surabaya ada sebuah bangunan yang mencolok. Bangunan yang didominasi warna oranye itu berukuran cukup besar dengan bentuk dan gaya bangunannya yang kuno.



Siapa sangka, di bangunan gedung itulah, Presiden Republik Indonesia yang pertama yaitu DR. Ir. Soekarno pernah mengenyam pendidikan dengan sekolah disana.


Begitulah informasi yang tertulis di prasasti yang terdapat di pilar di bagian depan bangunan gedung yang saat ini dikenal sebagai Kantor Pos Besar Surabaya dan berada di Jalan Kebon Rojo no 10 .


Pada prasasti yang ditanda tangani pada tgl 6 Juni 2011 oleh Walikota Surabaya Ir Tri Rismaharini, MT itu disebutkan bahwa Proklamator RI dan penggali Pancasila itu bersekolah disana ketika di Hogere Burger School (HBS ) pada tahun 1915 - 1920.





Hogere Burger School yang berada di lokasi sejak tahun 1881-1923 ini merupakan sekolah Lanjutan Tinggi Pertama atau semacamgabungan Sekolah Mengengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas . HBS itu sendiri sebenarnya dikhususkan bagi warga Negara Belanda.



Pada prasasti itu juga terdapat salinan foto Presiden Soekarno ketika masih muda dan berstatus sebagai pelajar.



Bangunan gedung ini sendiri masih berdiri dengan kokoh dan terawat dengan baik.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites