Thursday, July 5, 2012

Wanita Berdada Besar Lebih Rentan Kanker


[imagetag]ANDA yang memiliki ukuran payudara mungil, jangan dulu minder. Penelitian membuktikan, wanita berdada besar lebih rentan mengidap kanker payudara.
Dalam sebuah studi yang melibatkan 16.000 wanita ditemukan adanya mutasi gen yang berkaitan dengan dengan ukuran payudara dan tumbuhnya sel-sel kanker.
Mutasi gen ini juga berperan dalam mengatur hormon seks wanita oestrogen, yang memicu pertumbuhan ukuran payudara sekaligus munculnya tumor.
Para peneliti mengamati kode genetik dari para partisipan dengan berbagai ukuran payudara, mulai dari AAA sampai yang terbesar DDD. Dalam kode genetik ini terdapat jutaan mutasi dalam DNA yang disebut single-nucleotide polymophisms.
Dari serangkaian tes yang dijalani, para peneliti menemukan semakin besar ukuran payudara, semakin besar pula resiko terkena kanker karena mutasi gen yang terjadi dalam tubuh semakin aktif.
Menurut Dr. Nicholas Eriksson dari pusat penelitian 23andMe, California, riset ini merupakan yang pertama kalinya menemukan kaitan antara ukuran payudara dan resiko kanker.
"Hasil penelitian kami mengidentifikasi varian genetik yang berpengaruh terhadap pertumbuhan kanker payudara dan keragaman ukuran payudara secara alami," ujar Erikkson seperti dikutip.

sumber
658910

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites