Wednesday, July 4, 2012

Kurangi Beban Utang, United Lepas Saham ke Publik

[imagetag]

Manchester United berencana melepas saham senilai 100 juta pounds kepada publik sebagai bagian dari rencana Initial Public Offering (IPO) mereka.

Saat ini The Red Devils dimiliki secara personal oleh keluarga Glazer, yang membeli United dengan harga 790 juta pounds di tahun 2005. Namun Glazer ternyata menggunakan dana pinjaman untuk mengambil alih United sehingga klub langsung mempunyai utang sebesar 423 juta pounds pada bulan Maret 2012. Dengan dilepasnya sebagian kepemilikan United, Glazer berharap bisa mengurangi beban utang klub.

Kubu united menawarkan saham kelas A, sementara keluarga Glazer bakal tetap mempertahankan saham kelas B yang mereka miliki. Dengan begitu, Glazer akan memiliki hak suara 10 kali lipat saat voting pengambilan suara di jajaran direksi.

Pihak klub optimis jika nama besar United akan menjadi daya tarik utama untuk menjual saham mereka ke publik.

"Sejarah kami sepanjang 134 tahun, kesuksesan kami dan kepopuleran kami di dunia sepak bola menjadikan kami sebagai salah satu brand terkemuka dunia. Kami ingin melepas saham guna mendapat dana segar untuk mengurangi tagihan utang yang kami miliki," jelas pernyataan resmi klub.

Saham United diperkirakan akan dilepas kepada publik pada musim panas mendatang. 

source: http://www.bola.net/inggris/kurangi-beban-utang-united-lepas-saham-ke-publik-0dc89f.html
658910

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites