Monday, June 11, 2012

tahukah kamu ? Tomat Bantu Menjaga Kulit Tetap Muda

tahukah kamu ? Jika Ternyata Buah Tomat Bantu Menjaga Kulit Agar Tetap Muda - Tomat Bantu Menjaga Kulit Tetap Muda, Tomat dapat memberikan pertahanan terbaik untuk menjaga kulit tampak muda dan aman dari kerusakan yang ditibulkan akibat sinar matahari, kata para ilmuwan.
Khasiat Buah tomat untuk kesehatan

Dalam pengujian menunjukkan bahwa makan pasta tomat dapat membantu melindungi kulit terbakar sinar matahari dan penuaan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Bahan anti penuaan ini adalah lycopene, pigmen alami yang membuat tomat berwarna merah, yang ditemukan dalam konsentrasi tertinggi pada tomat yang telah diproses dan dimasak yang digunakan dalam saus tomat, pasta, sup dan jus.

Profesor Mark Birch-Machin dari Universitas Newcastle, menyajikan rincian penelitian ini di Royal Society of Medicine di London.

cara menghaluskan kulit secara alami

Dalam studi tersebut, perempuan yang makan diet kaya tomat olahan meningkatkan perlindungan kulit, seperti yang terlihat oleh penurunan kemerahan kulit dan kurangnya kerusakan DNA dari paparan sinar ultraviolet (UV).

Para peneliti membandingkan kulit dari 20 perempuan, setengah dari mereka diberi lima sendok makan (55g) pasta tomat standar dengan 10g minyak zaitun setiap hari selama 12 minggu.


Efek pada kulit mereka dibandingkan dengan para relawan yang tersisa, berusia antara 21 dan 47 tahun, mengkonsumsi hanya minyak zaitun untuk jangka waktu yang sama.

Para relawan kemudian diekspos pada sinar UV yang ditemukan di sinar matahari pada awal dan akhir studi.

Para peneliti menemukan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan kulit untuk melindungi diri terhadap sinar UV di antara mereka makan pasta tomat.

kandungan vitamin dalam buah tomat

Dibandingkan dengan perempuan lain, kelompok yang makan tomat memiliki 33 persen lebih perlindungan terhadap sengatan sinar matahari.

Para peneliti menghitung bahwa perlindungan yang ditawarkan oleh pasta tomat setara dengan tabir surya dengan faktor perlindungan matahari (SPF) sebesar 1,3.

Sampel kulit yang diambil dari kelompok sebelum dan sesudah percobaan menunjukkan peningkatan tingkat procollagen, molekul yang memberi struktur kulit yang kehilangnya menyebabkan penuaan kulit dan kurangnya elastisitas.

Ada juga sedikit kerusakan pada DNA mitokondria di kulit, yang juga diyakini terkait dengan penuaan kulit.

Ahli Dermatologi, Prof Birch-Machin mengatakan bahwa pasta tomat yang dimakan tidak terlalu berlebihan, tetapi dalam jumlah yang biasanya dikonsumsi dari banyak makanan berbasis tomat.

kegunaan buah tomat

“Makan tomat tidak akan membuat anda kebal dari sengatan sinar matahari, tetapi dapat menjadi tambahan yang berguna untuk perlindungan terhadap sinar matahari bersama dengan tabir surya dan pakaian.” tuturnya.

Sumber
9out of 10 based on 211122 ratings. 9 user reviews.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites