Wednesday, June 13, 2012

Ngambil Duit Di ATM, Bisa Tanpa Kartu?

[imagetag]
Ilustrasi

Teknologi baru yang memungkinkan orang untuk menarik uang dari mesin ATM menggunakan smartphone telah diluncurkan. Nasabah Royal Bank of Scotland (RBS) atau NatWest mobile banking app saat ini dapat menarik uang tunai, sampai 100 pounds melalui smartphone mereka.
Nasabah diberikan enam digit kode untuk menarik uangnya di ATM. Sebuah sistem yang sama juga telah dikembangkan oleh mesin operator NCR. dengan teknologi ini, nasabah hanya memindai barcode untuk menarik uangnya.

Seperti diwartakan BBC News, Rabu (13/6//2012), teknologi ini merupakan sebuah langkah menjadikan smartphone sebagai dompet digital.

Lebih aman dan mudah

RBS mengatakan, sistem baru akan membantu nasabah yang dalam kondisi tertentu lupa membawa kartu ATM mereka atau tengah terburu-buru mengirimkan uang ke anggota keluarga mereka.

Selain itu melalui teknologi juga memungkinkan nasabah meninggalkan dompetnya dirumah dan hanya cukup membawa smartphone-nya.

"Ini adalah cara yang sangat sederhana dan aman untuk membantu nasabah kami mendapatkan uang tunai kapanpun dan dimanapun saat mereka membutuhkannya," ujar kepala mobile RBS dan NatWest Ben Green.

Layanan ini tersedia bagi nasabah yang mengunduh aplikasi bank 8.000 RBS, NatWest atau jaringan ATM Tesco di Inggris. Sejauh ini 2.6 juta orang telah memasang (install) aplikasi ini di smartphone mereka.

Kode rahasia
Akses ke aplikasi ini membutuhkan password serta kode penarikan yang dirahasiakan sampai nasabah menekan layar ATM. Hal ini bertujuan untuk mencegah pencuri mengintip nomor tersebut saat berada di belakang nasabah yang tengah mengambil uang.

Dalam perkembangan terpisah, NCR mengumumkan, mereka telah mengembangkan software yang memungkinkan orang untuk memindai barcode di smartphone mereka di ATM. Software ini digunalan nasabah menarik sejumlah uang dan disimpan ke dalam smartphone mereka.


sumber

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites