Friday, May 6, 2011

‘Setan’ penghubung Dinosaurus Tertua

Daemonosaurus chauliodus
‘Setan’ penghubung dinosaurus tertua dan dinosaurus modern - Penemuan Spesies Dinosaurus Terbaru yang diberi nama ilmiah "Daemonosaurus chauliodus" ini ditemukan di New Mexico. Dinosaurus yang memiliki julukan Evil Spirit Buck-Toothed Reptile ini merupakan dinosaurus penghubung antara dinosaurus tertua dan dinosaurus Jurassic spesies theropod. Dinosaurus yang hidup 205 juta tahun yang lalu ini memiliki tinggi seukuran anjing besar dengan tulang yang tidak biasa atau aneh. Ahli purbakala vertebrata di National Museum of Natural History, Washington DC menyatakan "moncong dinosaurus ini pendek dengan gigi depan terlihat lebih besar dan mengerikan", selain itu Daemonosaurus chauliodus, memiliki jenis struktur tulang yang tidak sesuai untuk spesies dinosaurus predator.

Dinosaurus tertua diketahui hidup 230 juta tahun yang lalu pada masa Periode Triassic. Setelah itu ada jeda panjang dari hasil temuan fosil tersebut. Banyak ahli memperkirakan ini awal dinosaurus-dinosaurus punah. Setelah itu predator yang lebih rumit mengambil alih kemudian terjadi diversifikasi pada peralihan masa periode Triassic ke Era Jurassic.

Daemonosaurus C. ini bisa dibilang merupakan penghubung kedua grup dinosaurus yang hidup di jaman tersebut. Dari fosil yang ditemukan, dinosaurus ini memiliki beberapa ciri yang menghubungkan jarak evolusi antara dinosaurus awal ke dinosaurus yang lebih modern karena berdasarkan analisa terhadap fosil yang ditemukan, dinosaurus ini memiliki ciri Triassic dengan beberapa ciri dari Jurassic.

Ciri Triassic yang dimiliki dinosaurus ini antara lain adalaha adanya jarak kecil antara lubang hidung dan rongga mata. Tulang yang berkaitan dengan kantong udara yang seperti sistem paru-paru burung juga masih punya ciri primitif. Sedangkan ciri dinosaurus yang lebih modern yang dimiliki Daemonosaurus C. terliohat pada giginya.

(sumber)

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites