Wednesday, May 25, 2011

Cara Mempercepat Loading Blog

Cara Mempercepat Loading Blog - Posting kali ini saya akan membuat sedikit tips untuk memperingan loading blog kamu, setidaknya tips di bawah sudah saya praktekkin. Biasanya blogger cenderung ingin sekali blognya tampil “super”, tidak salah, tapi terlalau semua widget mempengaruhi loading blog tidak terkecuali posting blog, berikut tips meperingan loading blog yang sudah saya terapkan.
  1. Widget
    Jangan memasang widget yang tidak penting, misalnya widget flash dengan CSS dan Java Script yang rumit karena ini jelas akan membuat loading blog lambat.
  2. Iklan
    Jangan terlalu banyak memasang iklan di blog, dan pasang iklan yang berbentuk link
  3. CSS
    Kompress CSS blog kamu. Ada banyak website yang menyediakan jasa kompress CSS misalnya tools.arantius.com/css-compressor dan cssdrive.com/index.php/main/csscompressor, caranya kamu tinggal copykan CSS Blog kamu ( letaknya di bawah kode ), klik compress kemudian kamu ganti CSS di blog kamu dengan hasil CSS yang sudah di compress.
  4. Posting
    Jumlah posting / artikel yang ditampilkan pada halaman awal atau homepage ikut mempengaruhi kecepatan loading blog. Jangan terlalu banyak menampilkan posting di halaman pertama, jangan melebihi 10 posting yang di tampilkan di halaman pertama  !
  5. JavaScript dan Links pihak ketiga untuk mengoptimalkan kecepatan load blog, google juga merekomendasikan untuk menggunakan gadget yang telah terintegrasi dengan blogger (built in). Tapi kalau kita terpaksa mengguknakan java script dari pihak ketiga, agar kecepatan loading blog tetap optimal letakkan javascript pihak ketiga tersebut pada footer atau pada bagian paling bawah sidebar atau sebelum tag
  6. Gambar
    Semakin banyak gambar pada homepage maka semakin lambat kecepatan loadingya, jadi sebisa mungkin gunakan gambar seperlunya dan kecilkan ukuran gambar dengan software multimedia seperti photoshop, dll. Googlemerekomendasikan untuk mengupload gambar kita di picasa. Kalau bisa ganti background blog gambar(img) dengan warna, sehingga blog tidak me-load gambar.
  7. Rekomendasi lainnya jika blogger menggunakan custom CSS ke blog, sedapat mungkin meletakkannya pada bagian atas dari halaman edit html.
  8. Satu lagi, kalau web kamu banyak isinya, kamu bisa menampilkan menu atau daftar isi web kamu di halaman lain, selain di home page.
Dan untuk mengetahui atau mengecek berat atau lama loading blog kamu kamu bisa buka situs http://tools.pingdom.com dan di bagian atas kamu isikan url blog kamu terus klik Test Now.
Tips di atas hanya sedikit dari banyaknya tips memperingan loading blog.
Silakan mencoba, semoga berhasil, salam blogger.
sumber:http://alexander-zulkarnain.blogspot.com/

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites