Thursday, May 26, 2011

VIDEO: Kumbang Pemangsa Katak

VIDEO: Kumbang Pemangsa Katak - Di siang hari, kumbang itu hidup berdampingan dengan amphibi. Namun di malam hari, amphibi tersebut menjadi santapan.
Kumbang biasanya memakan daun, buah, serangga kecil atau sejenisnya. Namun seekor kumbang Epomis sanggup jadi predator bagi katak dan kadal yang ukurannya jauh lebih besar dibanding ukuran tubuhnya.

Sejumlah peneliti dari Tel-Aviv University menunjukkan bahwa kumbang tanah itu mampu membunuh hewan ampibi yang lebih besar. Dari penelitian, diketahui pula bahwa spesies Epomis yang hidup di Israel terdiri dari dua spesies yakni Epomis dejeani dan Epomis cirumscriptus.

Peneliti merekam bangaimana pola hidup Epomis. Ternyata, di siang hari, mereka hidup berdampingan dengan hewan amphibi. Namun setelah matahari terbenam, hewan ini menyantap amphibi tersebut. Dalam lab, peneliti mengamati pula perilaku kumbang dewasa terhadap lima spesies amphibi.

Hewan amphibi merupakan predator umum bagi para serangga dan makanan mereka mencakup kumbang, khususnya kumbang tanah,” kata Gil Wizen, ketua tim peneliti, seperti dikutip dari Science News Blog, 27 Mei 2011.

Dari video yang direkam, terlihat bahwa kumbang ini mampu menyerang dan memangsa katak dan kodok. Ini memunculkan pandangan baru tentang bagaimana interaksi antara hewan amphibi dan serangga. Berikut video Kumbang Pemangsa Katak






(vivanews.com)

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites