Sunday, November 25, 2012

Buku Peraturan Sepakbola Pertama di Dunia, Dilelang

Dalam buku peraturan kuno ini ditetapkan waktu pertandingan sepakbola selama 2 jam dengan tiap tim memiliki starting twenty (20 pemain utama), bukan starting eleven yang ada seperti sekarang.
Buku yang berisi 11 peraturan tentang sepakbola di jaman dahulu kala ini diharapkan dapat terjual hingga 1,2 juta poundsterling.


Jika handsball merupakan sebuah pelanggaran, maka dalam buku tersebut handsball sah-sah saja dilakukan, hal yang mungkin masih dipakai oleh Maradona saat melakukan aksi gol tangan tuhan di Piala Dunia 1986.

Selain itu, konsep peraturan yang disebut dengan "Sheffield Rules" ini juga menerapkan ketentuan tentang jersey pertandingan dimana saat itu jersey setiap tim juga harus terdiri dari sebuah topi berwarna merah atau berwarna biru gelap.


Foto Tim Sheffield FC th,1857
Charging atau mendorong pemain lawan dengan sengaja juga tidak dianggap sebagai pelanggaran.

Meski terdengar kocak dan aneh, namun buku peraturan yang dibentuk tahun 1858 ini menjadi tonggak sejarah dan pondasi dari peraturan sepakbola era modern yang ada di Inggris masa kini.

Buku ini merupakan salah satu dari puluhan arsip yang dimiliki oleh salah klub sepak bola tertua di dunia Sheffield FC. Kini mereka berniat melelang buku tersebut demi mendanai keuangan klub mereka.

Menurut rencana, klub yang kini bermain di liga amatir (Liga Divisi Utama Selatan Eco-Stik) akan melelang buku bersejarah itu di tempat lelang Sotheby, London, Kamis (14/07) mendatang.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites