Saturday, May 7, 2011

Belem Tower -Lisbon

(Nama Lokal: Torre de Belém) Dibangun pada tahun 1515 sebagai benteng untuk menjaga pintu masuk ke pelabuhan Lisbon, Belem Tower yang terletak di Sungai Tagus merupakan titik awal untuk banyak perjalanan penemuan,dan untuk para pelaut itu adalah pemandangan terakhir dari tanah air mereka. Belem Tower sebenarnya dibangun untuk menghormati ekspedisi Vasco da Gama.



Bagi Portugal tower ini sering berfungsi sebagai simbol negara, dan UNESCO sudah menetapkannya sebagai situs warisan dunia.
Dibangun dengan gaya Manueline, dengan batu berbagai banyak motif, yang menggambarkan banyak tokoh sejarah. Menara ini dibagi menjadi dua bagian: menara itu sendiri, dan lima dan benteng bertingkat.



Sang arsitek, Francisco de Arruda, sebelumnya bekerja di benteng Portugis di Maroko, sehingga ada pengaruh gaya Moor pada menara pengawas dan pengaruh budaya lainnya. Seperti jendela melengkung menghadap sungai, dan patung Our Lady of Safe Homecoming, simbol perlindungan bagi pelaut dalam perjalanan mereka.



Pada akhir abad keenam belas ketika invasi Spanyol ke Portugal, Menara Belem berfungsi terutama sebagai rumah tahanan. Juga saat Lisbon diambil oleh pasukan Napoleon pada tahun 1807 dua lantai atas menara hancur, dan pada tahun 1845 di renovasi kembali ke keadaan semula.





0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites