Monday, December 27, 2010

Mengapa Burung Terbang dengan Formasi "V" ?

Jika anda tinggal di neara 4 musim, saat musim gugur anda akan melihat rombongan angsa terbang ke arah selatan untuk menghindari musim dingin. Angsa-angsa ini terbang dengan membentuk formasi seperti huruf "V". Mengapa demikian? Mari kita lihat penjelasannya...


Fakta 1 :
Kepakan sayap angsa di depan memberi daya dukung bagi angsa dibelakangnya. Angsa dibelakang tidak akan merasa berat dalam menembus kerapatan udara (Air Wall) di depannya. Hasilnya seluruh kawanan angsa-angsa ini dapat menempuh jarak terbang 71% lebih jauh dibandingkan jika angsa ini terbang sendiri-sendiri.


Fakta 2:
Jika seekor angsa terbang keluar dari formasi rombongan, ia akan merasa berat dan sulit untuk terbang melawan tekanan udara. Dengan cepat ia akan kembali ke dalam formasi untuk mengambil keuntungan dari daya dukung yang diberikan angsa di depannya.


Fakta 3:
Ketika angsa pemimpin yang terbang di depan menjadi lelah, ia akan terbang memutar ke belakang formasi, dan angsa lain akan terbang menggantikan posisinya di depan.


Fakta 4:
Angsa-angsa yang terbang dalam formasi mengeluarkan suara riuh rendah dari belakang hal ini dimaksudkan untuk memberi semangat kepada angsa yang terbang di depan sehingga kecepatan terbang dapat dijaga.


Fakta 5:
Ketika seekor angsa dalam kawanan menjadi sakit, terluka atau ditembak jatuh, dua angsa lain akan ikut keluar dari formasi bersama angsa tersebut dan mengikutinya terbang turun untuk membantu dan melindungi. Mereka tinggal dengan angsa yang jatuh dan berusaha untuk mendorongnya agar dapat terbang lagi. Setelah itu mereka akan terbang dengan kekuatan mereka sendiri atau dengan membentuk formasi V juga untuk mengejar rombongan mereka.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites