Saturday, November 24, 2012

Intel sedang mengembangkan chip smartphone dengan kekuatan komputer super


Sebuah terobosan sedang dikembangkan Intel dimana mereka siap membuat sebuah chip smartphone yang memiliki kekuatan setara dengan komputer super. Chip ini dikabarkan akan memiliki 48 inti core dan chip ini diperkirakan sudah bisa terlihat pada 5-10 tahun mendatang.
Saat ini, para ilmuwan dan peneliti dari Intel sedang mengerjakan proyek ini di Barcelona, Spanyol. Mereka berharap bisa menemukan cara untuk menggunakan dan mengelola sebuah perangkat mobile dengan inti prosesor yang banyak. Tentu saja, hal ini akan membuat pengalaman menggunakan sebuah perangkat mobile seperti smartphone dan tablet akan berbeda.
Prosesor pada chip smartphone atau tablet saat ini masih hanya berkisar 4 inti (quadcore). Dengan menambahkan inti prosesor pada sebuah chip akan membuat prosesor bekerja lebih cepat dan hemat daya karena perangkat akan mendistribusikan tugas kepada bagian yang berbeda-beda dari chip.
Sebagai sebuah contoh, sebuah core bisa mengolah dan mengenkripsi email sementara core yang lain dapat menjalankan aplikasi. Beberapa core juga dapat berjalan dengan kecepatan tinggi sehingga menghasilkan performa yang lebih baik, sementara core yang lain bisa melakukan tugas-tugas dasar tanpa berlebihan, hal ini tentu saja akan membuat daya baterai lebih hemat.
Saat ini prosesor quadcore (4 inti) hanya ada pada Nvidia, dan melakukan lonjakan dari prosesor 4 inti ke 48 inti masih belum bisa dibayangkan oleh sebagian orang. Software agar bisa berjalan seimbang dengan prosesor 48 core juga belum tersedia dan akan sulit dibuat saat ini, jadi menunggu 5-10 tahun sepertinya adalah waktu yang tepat.
Justin Rattner, CTO dari Intel menyatakan, “Memiliki banyak inti untuk menghasilkan performa tinggi adalah cara yang paling efisien untuk membuat sebuah perangkat dengan kualitas PC ada pada genggaman Anda

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites