Saturday, November 3, 2012

10 Larangan Bagi Pengguna Facebook

10 Larangan Bagi Pengguna Facebook - Sekarang ini, hampir seluruh penduduk di dunia memiliki akun Facebook. Hampir tidak mungkin kalau orang tidak memiliki akun Facebook.

Tidak jarang pula, kasus kejahatan, perang mulut, penculikan, perselingkuhan bermula dari Facebook. Untuk menghindari hal-hal tersebut, inilah 10 cara yang tidak boleh kamu lakukan di Facebook:

1. Menambahkan orang yang tidak kamu kenal sebagai teman di Facebook. Ini adalah hal yang sangat riskan. Orang yang tidak kamu kenal dan tidak memiliki profil yang jelas dalam akunnya, mungkin saja seorang peretas, ataupun orang jahat yang bisa mendapatkan banyak informasi dari akun kamu.

2. Sering menggunakan alamat email Facebook daripada alamat email yang resmi. Akan lebih mudah jika kamu menggunakan alamat email resmi untuk mengirimkan surel kepada teman ataupun kerabatmu. Selain itu, alamat email resmi lebih tertutup sifatnya jika dibandingkan alamat email Facebook.

3. Jangan menerima permintaan pertemanan dari orang yang tidak kamu kenal. Hal ini sama berbahayanya dengan menambahkan akun orang yang tidak kamu kenal dalam daftar teman di akun Facebook kamu. Jadi, berhati-hatilah saat menerima permintaan pertemanan dari orang lain. Pastikan kamu mengenalnya, dan banyak temanmu yang juga mengenal orang tersebut (mutual friend).

4. Jangan membuat status yang mengganggu. Sekarang ini, semakin banyak para pengguna Facebook yang membuat status-status "aneh" di akun mereka. Mereka tidak sadar bahwa banyak orang yang kesal melihat status mereka. Apakah ada di antara teman-teman Facebookmu yang melakukan hal ini?

5. Salah satu contoh status Facebook yang mengganggu adalah status yang menggunakan bahasa alay,struktur bahasanya kacau, dan status-status "galau".

6. Jangan pernah memasukkan foto-foto yang sifatnya terlalu pribadi, misalnya foto saat kamu berganti pakaian, atau foto bersama pacar di tempat tertentu. Banyak orang mengunggah foto-foto yang seharusnya tidak dilihat oleh orang banyak.

7. Jangan pernah mengunggah foto ke Facebook lalu menghapus foto aslinya dari memori ponsel atau laptopmu.

8. Jangan pernah menuliskan status yang sebenarnya berisi pesan untuk disampaikan kepada seorang teman. Jika kamu ingin mengatakan suatu hal ke temanmu, kekasih, atau mantanmu, berkomunikasilah langsung padanya, misalnya dengan menuliskannya di inbox-nya, atau menulis langsung di wall-nya.

9. Jangan gunakan status untuk mencela, menghina, atau melampiaskan amarah kepada seseorang. Tidak sedikit para pengguna Facebook yang mendapat kasus karena kata-kata mereka dalam status yang tidak sopan.

10. Hal yang terakhir adalah jangan masukkan data pribadimu yang lengkap ke dalam Facebook, dan pastikan pengaturan Facebookmu tertutup untuk orang-orang lain.

Itulah 10 hal yang tidak boleh kamu lakukan di Facebook supaya akunmu tetap aman dari para peretas, tidak mengganggu para pengguna lainnya, dan tidak mendapat masalah akibat Facebook.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites