Sunday, October 14, 2012

MOTIVASI - Mengatasi Permasalahan Hidup

hotsblack.com - Ketika kita ditimpa musibah, bencana, atau keadaan yang sulit, banyak dari kita yang meratapi nasib dan menyalahkan Tuhan.

Kenapa harus saya yang mengalami ini? Kenapa bukan orang lain saja? Apa sa
lah saya hingga Tuhan membiarkan saya mengalami musibah ini? Bagaimana bisa melanjutkan hidup dalam keadaan seperti ini? Mengapa hidup orang lain tampak begitu mulus dan mudah? Ah, Tuhan tidak adil!

Depresi, kecewa, dan putus asa menghantui diri kita. Namun, jika mau berpikir kembali, bijaksanakah kita kalau selalu menyalahkan keadaan? Apakah masalah akan selesai jika hanya menyalahkan keadaan?

Tidak ada suatu apapun yang kebetulan di dunia ini. Segalanya telah diatur oleh Yang Maha Kuasa. Sekecil apapun kejadian itu, tentu merupakan kehendak-Nya. Tuhan selalu punya alasan mengapa Dia memberikan keadaan demikian kepada kita. Cermati, sesungguhnya Tuhan ingin Anda mempelajari hikmah dari kejadian tersebut.

Tuhan tidak akan memberi cobaan yang tidak bisa dilewati oleh hamba-Nya. Karena itu, percayalah. Mengapa Tuhan memilih Anda untuk menjalani keadaan sulit yang Anda rasakan, adalah karena Tuhan tahu bahwa Anda mampu melewatinya. Jika orang lain yang mengalami apa yang Anda alami, belum tentu mereka bisa sekuat Anda saat ini.

Setiap kesukaran yang kita alami adalah semata-mata kesempatan untuk mengasah kita menjadi pribadi yang lebih kuat. Seorang sarjana bekerja sebagai pegawai kantoran dengan gaji tiga juta per bulan. Di lain pihak, seorang berijazah SMP mampu menghidupi keluarga lewat usaha tambak ikan dengan penghasilan berkali lipat. Ya, kesulitan memperoleh pekerjaan sering kali membuat kita berpikir lebih keras, bagaimana cara memperoleh uang. Jika setiap masalah kita hadapi dengan pikiran positif, tentu hasil yang positif juga akan kita dapatkan.

Hidup adalah untuk menyelesaikan masalah. Meski tampak bahagia di luar, setiap orang pasti memiliki masalah sendiri. Ada seorang gadis berparas cantik dari keluarga berkecukupan. Apapun yang ia inginkan hampir selalu didapatkannya. Ia memiliki kekasih yang tampan dan perhatian, di samping masih banyak pria lain yang juga memujanya. Bahagiakah hidupnya? Tidak! Kedua orang tuanya telah lama bercerai, jika bertemu pun sikapnya seperti kucing dan anjing. Masing-masing telah menikah lagi. Tak ingin memilih salah satu pihak, akhirnya si gadis dan adiknya yang masih SMA, memilih untuk tinggal berdua saja.

Coba Anda tengok orang-orang yang tampak bahagia. Pasti akan Anda temukan satu sisi yang membuat orang itu merasa hidupnya tidak sempurna. Begitu pun dengan diri Anda sendiri. Jika saat ini Anda merasa punya masalah, selesaikanlah dengan tawakal tanpa pernah mengeluh. Itulah ujian yang Tuhan berikan sesuai dengan porsi kemampuan Anda.
Didalam hidup ini setiap manusia pasti pernah menemukan berbagai masalah, baik masalah kecil bahkan masalah yang sangat besar sekalipun, dan banyak cara sebenarnya dalam menyelesaikan sebuah masalah tergantung pola fikir dan cara pandang diri manusia itu sendiri, jangan pernah pernah lari dari sebuah masalah, dan jangan pernah lelah untuk berfikir bagaimana caranya untuk menyelesaikan masalah itu, tetapi janagn pernah menunda - nunda waktu untuk menyelesaikan nya, bergerak cepat dan tetap fokus.

Masalah dalam hiudup ini memang selalu bertubi - tubi melanda ketika satu masalah berhasil kita selesaikan maka akan datang masalah yang lain, dan satu hal yang harus kita ingat semakin banyak masalah yang berhasil kita selesaikan maka semakin matang dan semakin siap kita ketika masalah lain datang dan yang pastinya semakin matang pula cara dan pola fikir kita, ada beberapa trik dalam memecahkan masalah :

1.Berfikir Dengan Kepala Dingin
kepala dingin sangat berpengaruh terhadap pola kita dalam berfikir serta keadaan jiwa, dengan suasana hati yang tenag maka ide-ide yang cemerlang pun akan bermunculan. untuk mendapatkan siasana hati yang tenang kita bisa melakukan beberapa cara, biasanya untuk mendapatkan suasana hati yang tenang saya memanjakan diri saya biasanya saya menggunakan hobi saya untuk mendapatkan ketenangan hati atau untuk mendapatkan suasana hati gembira seperti olahraga,belanja,jalan-jalan,nonton atau apapun lah yang penting suasana hati kita bisa senang, setelah suasana hati senang maka akan timbul, tetapi ada juga kebiasaan saya yang saya lakukan bila sedang di guncang masalah dan ingin mendapatkan suasana hati tenang sedangkan saya tidak punya cukup uang untuk berbelanja,nonton ataupun melakukan hobi - hobi saya, nah biasanya saya mandi , karena dengan membasuh seluruh tubuh dengan air maka rasa santai akan terasa dalam diri saya, maka ide - ide cemerlang pun akan datang.

2.Solusi Dari Orang Lain
Terkadang dalam menyelesaikan masalah kita tidak bisa menyelesaikannya sendiri, setelah kebuntuan dalam berfikir bagaimana menyelesaikan masalah tersebut disinilah fungsi orang lain sebagai pemberi solusi, entah solusi itu dari teman,orang tua,guru,sahabat ataupun pacar, hal ini cukup efektif dalam menyelesaikan suatu masalah, ketika kita sulit mengambil suatu keputusan dalam menyelesaikan suatu masalah ataupun sulit berfikir bagaimana caranya untuk memecahkan masalah tersebut maka mereka lah yang bisa kita ajak untuk berunding dan kita pinta solusinya dalam memecahkan masalah tersebut, dan usahakan tidak cuma hanya pada satu orang kita meminta solusi , sebisa mungkin kita minta solusi pada beberapa orang maka kita tinggal memilih dan menyaring solusi - solusi tersebut dan mengambil suatu garis bersar mengenai bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut.

3. Berdo'a
Ini adalah salah satu cara yang mungkin sangat efektif dalam memecahkan suatu masalah, kenapa? biasanya ketika kita berdo'a pada tuhan kita mencurahkan semua isi hati kita dan memohon untuk di berikan kemudahan dalam menyelesaikan masalah tersebut. itu semua tergantung pada keyakinan kita masing masing, tetapi secara tidak langsung kondisi mental kita itu semakin kuat, mental kita semakin berani untuk mengambil suatu keputusan. dan secara tidak sadar kita telah berfikir untuk menyelesaikan masalah tersebut, dengan keyakinan yang kuat dan bantuan dari tuhan maka ide - ide tersebut akan datang dan kita bisa menyelesaikan maslah masalah yang kita hadapi.

Ingat jangan pernah lari dari masalah, selalu berfikir positif dalam menjalani hidup ini, walau memang hidup ini banyak sekali masalah - masalah yang menerpa kita semua,tetapi itu yang akan membuat kita semakin matang, maka jangan takut dengan masalah, rubah lah diri kita dari orang yang takut akan masalah menjadi orang yang tegar dalam menghadapi sebuah masalah.
semoga semua ini bermanfaat.www.hotsblack.com

Top 8 Anak Muda Yang Merubah Dunia

10 Kisah Sukses yang Berawal dari Kegagalan

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites