Saturday, October 27, 2012

6 Bandara yang paling ditakuti pilot sedunia

6 Bandara yang paling ditakuti pilot sedunia

cockpit pesawat
Ternyata menjadi pilot tidaklah semudah nginjek gas mobil. Paman saya cerita, sampai saat ini dia masih suka nervez pas mau take off dan landing. "Apalagi kalau kita berada di bandara yang jarang kita singgahi, ketakutan selalu ada."

Berikut ini adalah beberapa 6 Bandara yang paling ditakuti pilot sedunia (telegraph.co.uk).

caurchevel perancis Airport Paling diTakuti Pilot Sedunia
Bandara Courchevel, Perancis 
Bandara ini memiliki landasan pacu sepanjang 1.700 kaki yang menyerupai lereng ski. Pilot harus memilih untuk mendarat dari sisi paling rendah dan kebalikannya ketika akan take off. Untuk mendarat di bandara ini hanya pilot dengan kriteria tertentu yang diperbolehkan. 

don muang thailand Airport Paling diTakuti Pilot Sedunia
Bandara Internasional Don Muang, Thailand 
Sepintas tidak ada yang aneh dari airport yang memiliki 2 landasan pacu ini. Tapi, tahukah kamu bahwa di antara kedua landasan terdapat lapangan golf 18-hole?! Entah dengan pertimbangan apa mereka membuat lapangan golf ini, tapi yang jelas, setiap pilot akan ketakutan ketika tiba-tiba ada yang berhasil 'hole in one' ke lubang mesin pesawat.

gibraltar Airport Paling diTakuti Pilot Sedunia
Bandara Gibraltar
Kurangnya tanah kosong di wilayah Gibraltar mengharuskan pesawat berbagi landasan dengan jalan tol umum. Pada foto di atas; sebelah kiri adalah pemandangan ketika jalan tol dipadati kendaraan lalul lalang, sebelah kanan adalah pemandangan ketika sebuah pesawat mendarat dan kendaraan harus mengalah. Apa jadinya jika ada sopir yang tidak mau mengalah?

juancho e yrausquin antillen Airport Paling diTakuti Pilot Sedunia
Bandara Juancho E. Yrausquin, Antillen - Belanda 
Bandara ini memiliki landasan yang cukup pendek, 1.300 kaki. Sebelum menuju ke bandara ini, tentunya pilot harus serius memerika 'kampas rem' roda pesawat dan menyediakan baju pelampung besar bagi pesawatnya jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

barra hebridean skotlandia Airport Paling diTakuti Pilot Sedunia
Bandara Barra, kepulauan Hebridean, Skotlandia 
Bandara ini tidak memiliki garis di landasan pacunya. Mubazir! Setiap kali dibuat garis akan terhapus jika air laut pasang, begitu pula dengan landasannya. Yup! Bandara yang rata-rata dikunjungi 1000 penerbangan pertahun ini berlokasi di atas pantai yang berpasir dan hanya bisa digunakan ketika air laut surut. Umumnya pilot memilih naik boat ketimbang naik pesawat untuk berlibur di kepulauan Hebridean ini.

tenzing hillary nepal Airport Paling diTakuti Pilot Sedunia
Bandara Tenzing Hillary, Nepal 
Bandara yang terletak di bagian timur wilayah Nepal ini memiliki panjang landasan 1.729 kaki, dan terletak di ketinggian 2.860 meter di atas permukaan laut. Pilot harus membuat perhitungan yang tepat sebelum take off, atau pesawatnya akan mencium kaki gunung di depannya.


0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites