Friday, October 5, 2012

Kini Batik Masuk Kurikulum Sekolah Mode Italia

Indonesia patut berbangga, pasalnya trend batik kini semakin mendunia. Hal tersebut dapat dilihat dari mulai bermunculannya sekolah luar negeri yang memasukkan kerajinan batik dalam kurikulum mereka, termasuk salah satunya sebuah sekolah mode tertua di Italia, yakni di Koefia.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Artistik Koefia, Bianca Lami yang hadir bersama dengan Wakil Ketua DPRD-nya kota Lazio, Italia Raffaele D'Ambrosio di kota Solo. Keduanya hadir dalam rangka event yang dilakukan oleh pegiat Asosiasi Persahabatan dan Kerjasama Italia-Indonesia.

Seperti yang dilansir Antara, keduanya mengaku mengetahui Solo sebagai pusatnya industri batik dari Internet.

"Saya tahu dari internet bahwa Solo merupakan ibukotanya batik. Di sini banyak sekali industri batik, bahkan saya dengar ada kampung dengan nama batik. Saya ingin melihatnya secara langsung," ujarnya.

Bianca Lami kemudian mengungkapkan bahwa pihaknya akan mengajarkan fesyen batik kepada siswanya selama tiga tahun.

"Kami ingin mengembangkan fashion heritage ini sekaligus untuk menggabungkan budaya Solo dengan Eropa. Saya kira hasilnya akan sangat bagus," lanjutnya.

Sebelumnya batik juga telah diperkenalkan dalam kurikulum sekolah dasar dan menengah di wilayah Illinois, Amerika Serikat. Pelajaran tersebut telah dimasukkan dalam kurikulum tahun ajaran 2012.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites