Thursday, October 11, 2012

Dokter vs Perawat: Siapa yang Lebih Sehat?


 

www.hotsblack.com Jakarta, Karena sama-sama bekerja di bidang kesehatan, dokter dan perawat menarik untuk dibandingkan. Mana yang lebih sehat antara dokter yang sering kebanyakan teori soal tips-tips hidup sehat, ataukah perawat yang lebih kelihatan praktiknya?

Hasil penelitian yang dilakukan Gallup-Healthways terhadap sejumlah orang dewasa di Amerika Serikat menunjukkan perbandingan tingkat kesehatan pada orang dewasa dengan berbagai profesi. Dokter dan perawat termasuk dalam profesi yang dibanding-bandingkan.

Secara umum, penelitian ini mencatat bahwa dokter memiliki indeks perilaku hidup sehat lebih tinggi yakni 86. Perawat yang sama-sama bekerja untuk menyehatkan orang sakit, indeks perilaku hidup sehatnya hanya tercatat 80 padahal profesi lain justru mencapai 81.

"Sebagai pemberi layanan kesehatan yang paling utama, dokter memainkan peran penting untuk menolong orang dalam memahami cara hidup sehat," tulis para peneliti dalam laporan ilmiahnya, seperti dikutip dari Huffingtonpost, Kamis (11/10/2012).

Tanpa bermaksud menghakimi salah satu profesi, apalagi memang tidak bisa digeneralisasi karena penelitiannya dilakukan di luar negeri, berikut ini beberapa detail temuan dalam penelitian tersebut.

1. Merokok
Survei menunjukkan hanya 4 persen dokter yang merokok, sedangkan di kalangan perawat angkanya 15 persen. Sebagai pembanding, di kelompok profesi lain ada 20 persen orang dewasa punya kebiasaan merokok.

2. Olahraga
Hampir 60 persen dokter mengaku punya kebiasaan berolahraga selama 1,5 jam sebanyak 3 kali seminggu. Kebiasaan serupa dilakukan oleh 55 persen perawat dan hanya 4 persen orang dewasa dengan profesi lain.

3. Makan sehat
Hanya 66 persen dokter yang mengaku mengonsumsi makanan sehat setiap hari, sementara di kelompok perawat lebih sedikit lagi yakni 59 persen. Padahal di kelompok orang dewasa dengan profesi lain, angkanya mencapai 62 persen.

4. Makan buah dan sayur
Dalam satu hal, dokter kalah dari perawat yakni untuk urusan makan buah dan sayur. 64 persen perawat memenuhi kebutuhan 5 porsi buah dan sayuran tiap hari minimal dalam 4 kali dalam sepekan, sedangkan di kelompok dokter hanya 60 persen. Di kelompok profesi lain, angkanya 55 persen.

Apakah itu berarti dokter-dokter lebih sehat dari perawat? Belum tentu.

Sepintas perbandingan ini memang menunjukkan bahwa dokter lebih sehat gaya hidupnya. Namun setelah dibandingkan dengan faktor lain seperti tingkat pendidikan, para peneliti menilai dokter hanya unggul secara signifikan dalam satu hal yakni lebih sedikit yang merokok.www.hotsblack.com

 Buka juga Artikel di bawah ini : 

Mumi yang Meninggal Karena Tak Tahan Menanggung Sakit gigi

Paus 7 Ton Terdampar di Pulau Cipangukus, Garut 
Batu Mirip Kepala Bayi di Garut Diberi Nama Batu
 
Ngaku Dibayar 100 Ribu, Massa Pro Kapolri Minta Na...
 
Sifat Orang Berdasarkan Kentutnya ... Penasaran???...
 
Wah Ternyata ada Desa Tersepi Di Dunia "Penghuninya hanya satu orang

Kritik FA di Twitter, Cole Didakwa
 
10 Hektare Hutan Gunung Guntur di Garut Ludes

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites