Saturday, October 20, 2012

5 Jenis Alergi Yang Paling Aneh

5 Jenis Alergi Yang Paling Aneh


Namanya alergi, tidak semua orang mengalaminya. Sekelompok orang berada di satu kondisi lingkungan yang sama bisa memberikan respon tubuh yang berbeda-beda. Hal yang seharusnya biasa saja (bagi orang pada umumnya), bisa menjadi sesuatu yang fatal pada seseorang karena tubuhnya menolak hal tersebut.

Alergi yang telah banyak dikenal di antaranya adalah alergi makanan laut, alergi dingin, alergi debu, alergi bulu hewan dan boneka, alergi pewarna makanan dan alergi makanan lainnya. Namun ternyata ada juga alergi yang tidak pernah diduga sebelumnya, dan hal itu biasa saja bagi orang pada umumnya. Berikut ini alergi-alergi aneh tersebut.

1. Alergi tekanan pada kulit

Saat mengenakan pakaian yang menekan kulit, seperti bagian kancing atau karet pada celana; dan saat memakai aksesoris yang juga menekan kulit, jam tangan contohnya, seseorang yang alergi bisa mengalami ruam-ruam dan gatal di sepanjang garis bekas pakaian atau aksesoris yang menekan tersebut.

2. Alergi sepatu

Sepatu dibuat dengan bermacam-macam bahan dan membuat kaki dalam kondisi tertutup rapat. Ini menyebabkan kaki kepanasan, mudah berkeringat, dan ketika bersentuhan dengan bahan pembuat sepatu, timbul alergi pada kulit yang ditunjukkan dengan gatal-gatal, ruam-ruam merah dan kulit mengelupas.

3. Alergi olahraga

Olahraga membuat tubuh jadi sehat, tapi lain cerita pada orang yang menderita alergi olahraga. Saat melakukan olahraga, ritme tubuh berbeda dari kondisi biasa; detak jantung menjadi lebih cepat, aliran darah lebih lancar, dan sebagainya. Perubahan ini ternyata bisa menimbulkan reaksi alergi pada orang tertentu. Reaksinya berupa gatal, rasa mual, bahkan hingga muntah-muntah.

4. Alergi telepon seluler

Telepon seluler digunakan langsung menempel pada kulit di area telinga dan wajah samping. Orang-orang tertentu alergi terhadap bahan penutup luar telepon seluler yang umumnya mengandung nikel, terutama untuk mereka yang berkulit sensitif, gelombang elektromagnetik dan radiasi dari telepon seluler bisa menimbulkan reaksi alergi.

5. Alergi air

Air adalah salah satu unsur kehidupan, tapi beberapa orang mengalami alergi jika bersentuhan dengan air. Alergi yang satu ini memang langka, namun terjadi pada beberapa orang. Salah satunya adalah Rachel Price. Reaksi alerginya adalah rasa gatal di bagian yang bersinggungan dengan air, bahkan hingga bengkak dan  timbul luka.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites