Saturday, November 24, 2012

SIRTII memberikan peringatan akan serangan balik Israel terhadap DNS Server Indonesia


Security Incident Response Team on Internet and Infrastructure (SIRTII) atau Otoritas keamanan infrastruktur internet Indonesia memberikan sebuah surat peringatan agar para hacker Indonesia waspada terhadap serangan tehadap DNS Server Indonesia. Latar belakang surat peringatan ancaman ini berawal dari adanya berita bahwa serangan cyber ke Israel meningkat pesat setelah serangan mereka di jalur Gaza pada hari Senin kemarin.
Dilaporkan Israel mengalami 44 juta serangan dari berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia pada awal minggu kemarin. Serangan tersebut melumpuhkan beberapa situs penting pemerintahan Israel. Israel yang mengklaim memiliki sistem pertahanan untuk serangan sistem komputer mereka kini mengancam balik para penyerang.
Sebuah surat peringatan dirilis SIRTII pada forum-forum hacker di Indonesia. Surat ini berisi peringatan akan adanya serangan balik ke DNS server Indonesia. Walaupun hingga saat ini, serangan dari Israel belum terjadi, untuk berjaga-jaga SIRTII langsung berkoordinasi dengan operator DNS untuk meningkatkan pengawasan keamanan dan mencegah kemungkinan buruk terjadi.
DNS adalah suatu sistem server yang menghubungkan pengguna internet dengan domain. Jika server ini mati, tentu domain Indonesia itu tidak bisa diakses. Hal yang tentu merugikan apabila website perbankan dan jasa pelayanan masyarakat tidak bisa diakses masyarakat.
Hingga saat ini, sistem keamanan terus ditingkatkan oleh DNS yang mengurus domain-domain Indonesia. Semoga saja serangan ini tidak terjadi pada situs yang melayani kepentingan masyarakat banyak. 

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites