Saturday, November 24, 2012

Seorang seniman menciptakan serangga menakutkan dengan bahan dari jam tangan tua


Menarik sekali melihat hasil karya dari Justin Gershenson-Gates yang membuat berbagai serangga mengerikan seperti laba-laba, kalajengking dan kumbang dari bahan elektronik tua seperti jam tangan bekas.
Kekreatifan Gates terlihat dari berbagai serangga mekanik yang dibuatnya dengan sungguh-sungguh tersebut. Gates adalah seorang pengepul jam tangan bekas dan biasanya menjual bagian-bagian jam tangan tua tersebut pada situsnya. Dia adalah seorang kreatif dan pemikir bebas yang bisa menciptakan berbagai spesies serangga arthropoda dengan bola lampu kecil, sekrup, dan bagian lain dari jam tangan.
Gates mengungkapkan apa inspirasi di balik desain unik namun menyeramkan tersebut. Dia menceritakan pada suatu hari di perjalanan dia, dia bertemu dengan seekor laba-laba yang menakutkan dengan panjang kaki mencapai 3 inci. Sepulangnya dia pada perjalanan tersebut, dia langsung merakit seekor laba-laba mekanik dari jam-jam tersebut.
Ternyata, ada yang menyukai karya tersebut dan membeli laba-laba buatan Gates. Dia kemudian membuat lagi belalang, kalajengking dan kupu-kupu. Hasil karya dia bisa terjual dengan harga USD 300 per unitnya. Dia mengumpulkan hasil karyanya pada sebuah album yang berjudul A Mechanical Mind di Facebook.
Gates juga menceritakan bahwa sebuah karya dia memakan waktu 3-12 jam untuk membuatnya. Semua ide dia berasal dari apa yang dia lihat di lingkungan sekitar dia. ”Aku tidak pernah bisa meninggalkan produksi yang belum selesai, jadi saya memotong, membentuk, pengamplasan, dan solder sampai mereka selesai,” kata Gates.
Pencarian bahan sendiri tidaklah mudah, bagian-bagian jam tangan yang dicari oleh Gates berkisar dari 1880 hingga 1950. Menurut Gates, bahan jam tangan kala itu lebih bagus dan lebih berkualitas untuk dipatri dibandingkan bahan sekarang. Ketika ditanya, apa yang paling ingin dia buat sekarang, dia menjawab ingin membuat sebuah model kelelawar mekanik. Wow, daripada mengotori lingkungan dengan besi-besi tua berkarat mungkin kita bisa belajar dari Gates. 

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites