Wednesday, November 21, 2012

Roundtable Review Pada Sony Xperia Miro


Gadgetan – Xperia Miro resmi dirilis di Indonesia pada Rabu kemarin (17/10) di Jakarta. Smartphone ini adalah salah satu perangkat yang paling dinantikan di Indonesia. Maklum saja, smartphone ini menyasar segmentasi menengah dengan budget sedang namun memiliki kemampuan dan fitur yang cukup mantap.
Perangkat Xperia Miro ini adalah salah satu smartphone dari Sony Mobile yang pertama kali menggunakan OS Ice Cream Sandwich Android 4,0. Xperia Miro bergerak dengan prosesor 800Mhz Snapdragon S1, memiliki kamera belakang 5MP, kamera depan VGA. Layar berukuran 3,5 inci dengan resolusi 320×480 p, memori internal 4GB yang bisa diperluas dengan microSD hingga 32GB.
Lalu kira-kira apakah Xperia Miro layak untuk dibeli? Bagaimana media teknologi di luar melihat produk ini? Kami akan memberikan review secara roundtable pada Xperia Miro ini kepada Anda.
TechRadar:
Xperia Miro jika diberi peringkat akan berada pada posisi di atas Xperia Tipo, namun di bawah Xperia U. Layarnya sedikit lebih besar dan memiliki kamera yang lebih baik dari Xperia Tipo, sementara prosesor dan kualitas video di bawah Xperia u.
Kami suka dengan kemampuan Xperia Miro dalam merancang media terutama media musik dengan sangat baik. Memiliki pemutar yang komprehensif, penuh pilihan dalam memilih dan berbagi musik. Teknologi xLoud Sony memastikan bahwa suara akan terdengar bagus bahkan melalui handset speaker yang kecil. Daya tahan baterai juga mengagumkan jika hanya digunakan untuk mendengarkan musik, perangkat ini bisa bertahan 1-2 hari.
Namun, kami kecewa dengan resolusi layarnya, bahkan yang lebih buruk rasanya respon dari layar terasa lamban dan sering terjadi lag ketika disentuh. Desain yang terkesan seadanya membuat perangkat ini terlihat murahan seperti mainan.
Sony Xperia Miro mungkin bisa kami rekomendasikan jika teknologi layarnya lebih baik dan harganya diturunkan lebih murah lagi. Namun, untuk harga yang sekarang, smartphone dari vendor lain seperti HTC Wildfire S dan Samsung Galaxy Ace 2 sepertinya lebih pantas untuk dibeli.
Phonearena:
Kami cukup merekomendasinya karena melihat Sony mampu menghadirkan smartphone yang responsif dan kamera utama yang cukup baik, mengingat smartphone ini termasuk kategori low end. Kekurangan pada kualitas layar yang di bawah rata-rata dan penampilannya sendiri mungkin memang membosankan, namun fungsionalitas dari Xperia Miro cukup bisa diandalkan.
Namun, jika Anda bisa menambahkan sedikit budget tidak ada salahnya Anda memilih Xperia U yang memiliki resolusi layar dan prosesor yang lebih baik. Jika Anda ingin mencoba alternatif di vendor lain, kami kira HTC One V ataupun Samsung Galaxy Ace 2 bisa menjadi pilihan.
CoolSmartphone
Entah apa yang ada di pikiran Sony dengan merilis beberapa smartphone berbudget rendah. Untuk perangkat Xperia Miro ini saja tidak jauh berbeda dengan Xperia Tipo. Jika saja teknologi layar bisa sedikit lebih baik, katakanlah menggunakan layar WVGA, kami pikir smartphone ini akan menangkap hati para pecinta smartphone murah. Sejauh ini, kami tetap menganggap smartphone ini layak digunakan dan cukup rekomen.
GeekSquad
 Walaupun tidak termasuk kategori smartphone yang cepat, Sony Xperia Miro cukup sempurna dalam multitasking sehari-hari. Hambatan yang kami alami adalah ketika memproses beberapa aplikasi yang dijalankan bersamaan, Xperia Miro agak mengalami lag dan jika Anda bersabar beberapa detik, perangkat ini akan berjalan dengan baik sendiri.
Untuk soal ukuran dan bentuk, Xperia Miro akan cocok dengan siapa saja yang menginginkan smartphone Android murah dan berukuran sedang. Sentuhan software Sony pada user interfacenya juga hal yang bagus, Anda tahu Sony jarang sekali membuat pengguna mereka kecewa.
Sony Xperia Miro
Ada yang pro, ada juga yang kontra. Namun, semua kembali ke diri Anda masing-masing. Kesimpulan dari Gadgetan sendiri adalah perangkat ini tetap layak bagi Anda yang mencari smartphone Android ICS dengan harga murah. Namun, jika Anda pecinta layar resolusi bagus dan mengharapkan smartphone Android yang responsif, sepertinya Anda harus mencoba produk smartphone lain.
Sony Mobile Indonesia bekerja sama dengan Telkomsel untuk bundling paket internet hemat selama tiga bulan dengan batas kuota sebesar 500MB/bulan seharga IDR 50 ribu. Harga untuk Xperia Miro ini sendiri adalah IDR 1,99 juta. 

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites