Monday, November 14, 2011

Wah! Kura-kura Raksasa Nongol di Lenteng Agung

Jakarta - Warga Tanjung Barat Selatan, Lenteng Agung, dikagetkan dengan kemunculan kura-kura raksasa di aliran Kali Ciliwung yang berjarak 500 meter dari pemukiman warga. Kura-kura raksasa itu dinilai langka karena memiliki panjang 1,4 meter, dengan lebar 90 centimeter dan berat 120 kilogram.
Wah! Kura-kura Raksasa Nongol di Lenteng Agung
Foto Ilustrasi

Warga setempat menyebut kura-kura raksasa itu dengan nama bulus atau senggawangan. Senggawangan ini memiliki tempurung lebih mulus dari kura-kura umumnya. Ukuran normalnya hanya sejengkal orang dewasa.
Kura-kura raksasa berwarna coklat itu ditemukan pertama kali pada Jumat 11 November lalu. Kura-kura itu ditemukan pertama kali oleh anak-anak kecil yang biasanya memang sering menangkap kura-kura di kali itu.

"Saat itu anak-anak awalnya melihat dua bulus dengan ukuran besar yang menyembul ke permukaan air. Tapi saat dikejar, yang tertangkap cuma yang jantan, yang betinanya kabur," cerita salah seorang warga bernama H Zainuddin saat ditemui detikcom di kediamannya di Tanjung Barat Selatan Gang 100 RT 11/ RW 03, Lenteng Agung, Jakarta, Senin (14/11/2011).
Menurut cerita anak-anak yang menangkap kura-kura raksasa itu kepada Zainuddin, kura-kura itu sempat melawan saat akan ditangkap. Bahkan saat mereka berhasil menggapai tempurungnya, malah dibawa ke dalam air hingga kedalaman 20 meter.

"Untungnya bisa dilawan dan dibawa ke permukaan. Baru mereka minta tolong, ada 7 orang yang bantu nangkap," katanya.
Awalnya warga berniat menjual kura-kura itu ke orang yang biasa berprofesi sebagai penadah kura-kura. Namun, niat itu urung dilakukan karena Zainuddin siap membelinya dengan harga Rp 350 ribu.
"Sekarang saya disimpan di kebun. Di kebun itu ada kolam keringnya. Ukuran kolam panjang 210 centimeter, lebar 140 centimeter dengan kedalaman 1 meter," tambahnya.

Sayang detikcom tidak bisa mengabadikan foto kura-kura raksasa itu, karena hari sudah malam. Namun menurut cerita seorang warga yang telah melihat, kura-kura raksasa itu sangat menakutkan.
"Serem, kukunya kalau keluar sejempol orang dewasa. Lehernya juga kalau memanjang bisa satu meter lebih," cerita warga.
Kehadiran kura-kura raksasa ini cukup menyedot perhatian warga setempat. Menurut Zainuddin sudah ratusan warga yang datang ke kebun yang berada tepat di depan kediamannya hanya untuk melihat kura-kura langka itu.

"Tapi saya nggak pungut biayalah," katanya.
Zainuddin siap merawat kura-kura tersebut. Namun, jika pihak Ragunan ingin membawa dia juga tidak keberatan.

"Tapi kalau pun mau dikembalikan ke Ciliwung lagi juga nggak apa-apa," tandasnya.
http://www.detiknews.com/read/2011/11/14/202058/1767314/10/wah-kura-kura-raksasa-nongol-di-lenteng-agung

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites