Saturday, November 24, 2012

Harwell Dekatron, komputer berumur 61 tahun diaktifkan kembali


Gadgetan – Salah satu komputer tertua di dunia yang bernama Harwell Dekatron baru-baru ini kembali diaktifkan bertepatan dengan hari National Museum of Computing di Bletchley Park di Inggris. Komputer yang dulunya diberi julukan “Witch” atau dalam bahasa Indonesianya “Penyihir” itu diaktifkan kembali dalam rangka proyek restorasi yang telah dilaksanakan sejak tiga tahun belakangan.
Harwell Dekatron yang diciptakan sejak tahun 1951 ini merupakan sebuah komputer dengan ketinggian 2 meter dan memiliki bobot sekitar 2.5 ton. Hingga saat ini Harwell Dekatron merupakan salah satu dari sekian banyak komputer tua yang masih bisa bekerja untuk melakukan kumputasi ringan dengan dilengkapi event machine, 480 relay, 828 Dekatron valve, dan sebuah tempat penyimpanan tape reader. Harwell Dekatron juga merupakan komputer semi-programmable pertama di dunia.
Komputer yang dibuat di Harwell Atomic Energy Research di Inggris ini dulunya digunakan untuk melakukan kalkulasi rutin, hingga akhirnya 6 tahun kemudian Harwell Dekatron digantikan oleh komputer yang lebih canggih dimasanya. Jika dibandingan dengan teknologi jaman sekarang, tentu Harwell Dekatron tidak akan lebih canggih dari pada ponsel yang saat ini Anda genggam, namun untuk mengingat sejarah komputer selama ini, Harwell Dekatron pantas untuk diberi perawatan. 

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites