Saturday, September 22, 2012

Serangga Ini "Naik Kelas" Jadi Menu di Resto Mahal

London - Jika jalan-jalan ke Eropa dan mampir di sebuah rumah makan, jangan kaget jika menemukan kecoa terselip di dalam sandwich. Bukan "kecelakaan", tetapi sang koki mungkin memang sengaja menempatkannya di sana.
Serangga Ini Naik Kelas Jadi Menu di Resto Mahal

Rene Redzepi, kepala koki restoran ternama Denmark, Noma, baru-baru ini memperagakan cara memasak aneka menu serangga di Inggris. Tak hanya kecoa, semut juga bisa disulapnya menjadi menu utama makan siang dan biasa disajikan di restonya dengan harga sekitar 195 pound sterling (setara Rp 3 juta).

Disajikan dengan creme fraiche, beberapa semut bahkan masih merangkak di atas piring. Penikmatnya mengatakan, rasa menu ini seperti serai, dan sejumlah ahli menyatakan itu "sangat bergizi".

Anda mungkin bergidik memikirkan hal itu, tapi mungkin tidak terlalu lama lagi Anda akan terbiasa menjumpai menu ini. Di banyak negara, sebut Cina, memakan serangga sudah menjadi bagian keseharian mereka.

Organisasi Pertanian dan Pangan PBB telah mendukung klaim bahwa serangga adalah bagian penting dari diet kita untuk memenuhi kebutuhan gizi penduduk yang secara global terus membengkak. Komisi Eropa dilaporkan membiayai investasi lebih dari 2 juta pound sterling untuk meneliti serangga sebagai sumber pangan global.

Penelitian sementara menyebutkan, serangga kaya akan asam folat dan mineral lainnya. Sejumlah manfaat kesehatan lain juga ditawarkan serangga jenis tertentu. Semut, misalnya, efektif untuk mengobati gangguan kekebalan pada pengidap hepatitis B.

Konsumsi semut sebagai bagian dari diet yang sehat atau untuk alasan obat telah menjadi keyakinan lama selama lebih dari 3.000 tahun. Dan itu bukan hanya Cina. Sebanyak 80 persen penduduk di negara-negara di seluruh dunia memakan lebih dari 1.000 serangga, terutama di daerah tropis.

Situs Daily Mail menguraikan jenis-jenis serangga yang potensial menjadi sumber pangan, yaitu kumbang dan kecoa; lalat; kutu dan koksidia; jangkrik; tawon, lebah, dan semut; rayap; kupu-kupu dan ngengat; capung; jangkrik dan belalang; serta belalang sembah. Anda berani mencobanya?


Sumber

Rating Artikel : 5 Jumlah Voting : 99 Orang

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites