Sunday, September 30, 2012

Di Bandara Ini, Pesawat Mendarat di Pasir Pantai


img

Semua penumpang pesawat pasti deg-degan kalau mendarat di Bandara Barra, Skotlandia. Betapa tidak, alih-alih mendarat di landasan beraspal, pesawat mendarat langsung di pasir pantai. Busyet!


Bandara Barra di Pulau Barra, Skotlandia memang berbeda. Kalau biasanya, sebuah bandara memiliki landasan pacu yang datar dan beraspal, Bandara Barra malah memilih tepi pantai yang berpasir sebagai landasan.

Ya, Bandara Barra atau yang juga dikenal dengan nama lain Barra Eoligarry Airport, memiliki landasan pacu tepat di tepi pantai. Bandara ini pertama kali dibangun pada 14 Juni 1933, dan hanya melayani dua penerbangan dengan menggunakan pesawat kecil, yaitu Benbecula dan Glasgow, seperti yang diintip dari situs Highlands & Islands Airports, Kamis (20/9/2012).


img


Berada di Bandara Barra, Anda bisa menemukan sensasi terbang yang tak terlupakan. Penumpang pesawat bisa merasakan serunya terbang dekat dengan lautan biru dan mendarat langsung di tepi pantai.

Bandara Barra memiliki tiga landasan pacu yang bisa digunakan setiap saat. Sebagai pembatas antar landasan, Bandara Barra menggunakan tiang-tiang kayu yang didirikan.

Uniknya, jam operasi Bandara Barra sangat ditentukan oleh kondisi air laut karena berada di tepi pantai. Bila air laut sedang pasang, maka pendaratan akan ditunda, dan diatur ulang. Namun, pesawat bisa mendarat sembari melibas air pasang yang belum terlalu tinggi di tepi pantai.

Meski berada di tepi pantai, fasilitas yang dimiliki Bandara Barra sangatlah lengkap. Bandara ini memiliki kamar mandi yang bersih dan ruang tunggu yang nyaman.

Barra Airport buka setiap hari dengan jam penerbangan awal pada pukul 09.45 pada waktu setempat, dan penerbangan terakhir pada pukul 16.30 waktu setempat.

Biasanya Bandara Barra tidak mengizinkan ada pendaratan pesawat pada malam hari. Tetapi kalau memang ada kondisi darurat, pendaratan malam terpaksa dilakukan dengan lampu-lampu yang dipasang di tepi pantai sebagai penerangan.

Nah, untuk traveler yang ingin naik pesawat lewat bandara ini, tidak perlu khawatir soal keamanan. Bandara Barra sangat taat dan memperhatikan keselamatan penumpangnya.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites