Saturday, September 8, 2012

Astronot Pakai Sikat Gigi Bersihkan Stasiun Ruang Angkasa

Dua astronot berlaga bak tokoh pintar dalam film MacGyver menyelamatkan sebuah stasiun ruang angkasa interanasional bernilai sekitar Rp 1 ribu triliun. Hebatnya, penyelematan itu dilakukan dengan satu sikat gigi seharga hampir Rp 30 ribu.
Astronot Pakai Sikat Gigi Bersihkan Stasiun Ruang Angkasa -http://pasunik.blogspot.com
Sunita Williams dan Akihido Hoshide memakai sikat gigi buat membersihkan kotoran di baut sebuah unit listrik disebut MBSU Alhasil, MBSU rusak itu tidak bisa diganti dengan yang baru.

MBSU ini bertugas memasok tenaga bagi stasiun ruang angksa itu. Terdapat empat MBSU di sana.

Setelah berusaha empat jam, kedua astronot itu berhasil mengganti MBSU rusak dengan yang baru. "Kalian seperti baru memperbaiki stasiun ruang angkasa," kata astronot Jack Fischer lewat radio dari pusat pengendalian NASA Johnson Space Center di Kota Houston, negara Bagian Texas, Amerika Serikat.

Gagasan menggunakan sikat gigi muncul tiba-tiba setelah upaya mengganti MBSU selama sepuluh jam gagal. "Tanpa ke kamar mandi, tidak makan siang, " tulis William dalam blognya.

Saat ini terdapat enam astronot menghuni stasiun luar angkasa internasional itu, yakni Williams dan Joe Acaba dari NASA, Hoshide asal Jepang dan tiga kosmonot Rusia: Gennady Padalka, Yuri Malencheko, serta Sergei Revin.

Sumber

Rating Artikel : 5 Jumlah Voting : 99 Orang

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites