Saturday, November 24, 2012

Roundtable Review: LG Optimus Vu


Smartphone dengan layar 4 inci ke atas memang sedang sangat populer di dunia. Layar besar dianggap sebagai salah satu fitur yang membuat para konsumen bisa maksimal dalam merasakan pengalaman hiburan dari sebuah perangkat smartphone. Pada kuartal terakhir 2012 ini, beberapa vendor berlomba-lomba merilis smartphone dengan besaran layar 4 inci ke atas.
Salah satu vendor yang dimaksud adalah LG, perusahaan yang berbasis di Korea Selatan ini merilis sebuah smartphone bernama LG Optimus Vu di Indonesia pada 30 Oktober 2012 kemarin. LG Optimus Vu memiliki layar teknologi IPS Display berukuran 5 inci dengan resolusi 1024 x 768p. LG sepertinya tidak ingin kalah bersaing dengan produk andalan rival mereka di Korea yaitu Samsung Galaxy Note yang juga memiliki layar besar dengan ukuran 4 inci ke atas.
Hal identik yang kerap digunakan para analis dalam menilai bahwa LG Optimus Vu adalah produk saingan dari Samsung Galaxy Note II adalah tersedianya Stylus S Pen yang fungsional.
LG Optimus Vu bergerak dengan dapur pacu prosesor quadcore 1,5 GHz, memiliki memori internal berkapasitas 32GB, kamera belakang 8MP yang dilengkapi auto-fokus dan LED Flash, kamera depan 1.3MP serta kapasitas baterai mencapai 2,080 mAh. Perangkat ini pertama kali diluncurkan di Korea pada bulan Maret 2012, namun baru hadir di Indonesia pada akhir Oktober kemarin.
Gadgetan ingin mengetahui apa kata media teknologi di luar Indonesia tentang perangkat yang sudah termasuk kategori phablet (smartphone-tablet) ini. Referensi ini mungkin bisa membantu Anda untuk memutuskan apakah membeli atau tidak phablet dari LG ini.
Simak rangkuman review dari berbagai media teknologi asing di bawah ini.
Engadget: 
Perangkat phablet ini sepertinya tidak terlalu sempurna baik dari segi desain maupun fitur yang ada. Pen Rubberdiumnya terkesan sangat kaku sehingga terkadang apabila Anda tidak bersabar, Anda lebih memilih mengoperasikan dengan menggunakan tangan. Hal ini sudah menjadi kegagalan kecil bagi sebuah produk yang mengklaim dirinya sebagai phablet. Performanya boleh dibilang cukup kencang dan mengalir baik, sayangnya jika dibandingkan dengan phablet sejenis (Galaxy Note II) sepertinya LG harus mengaku kalah.
CNet:
Kelebihan dari phablet ini adalah tersedia fitur NFC, memiliki layar yang besar dengan ukuran perangkat yang ramping dan ringan. Sayangnya, layar Optimus Vu terkesan memiliki rasio yang aneh yaitu bingkai:layar adalah 4:3, dan pen Rubberdiumnya yang harus dibawa secara terpisah karena tidak tersedia dock untuk meletakkan pen ini. Sebagai sebuah phablet, sepertinya LG harus mengakui keunggulan rival mereka yaitu Samsung dalam memproduksi sebuah phablet. 
TechRadar:
LG Optimus Vu bergerak secara lancar, navigasinya cepat dan mudah. Ukuran tubuh dari LG Optimus Vu juga boleh dikatakan ramping. Namun entah mengapa desain yang dari Optimus Vu sungguh tidak nyaman digunakan dengan satu tangan. Kami agak kesulitan ketika ingin menekan tombol yang berada di atas atau di sisi perangkat, selain itu ada bagian-bagian layar yang sulit dijangkau karena rasio 4:3 tersebut. Kekurangan lain adalah tiada efisiensi dari membawa sebuah pen khusus yang harus terpisah dengan sebuah perangkat.
T3:
Ketika melihat perangkat Optimus Vu pertama kali, LG Optimus Vu terkesan hanyalah sebagai respon terhadap saingannya yaitu Samsung Galaxy Note.  Optimus V memiliki banyak hal untuk membuat hal itu terjadi. Namun, harus dilihat apakah yang menjadi kebutuhan konsumen dalam menginginkan produk hybrid semacam ini yaitu smartphone-tablet, apakah hanya untuk performa cepat, layar besar, hiburan maksimal? Walaupun ada beberapa kekurangan namun kami terkesan dengan desain apik, profil ramping, layar besar dengan rasio layar yang tidak biasa yaitu 4:3
Sebagai informasi, LG Optimus Vu sudah dirilis sejak Maret di Korea. Pada awal masa rilisnya, LG Optimus Vu sempat mendapat kritikan dari para analis karena menggunakan OS Android Ginger Bread, dimana pada waktu itu sebagian besar smartphone sudah menjelajah ke Ice Cream Sandwich. Pada review singkat di atas, ada media yang negatif namun ada juga yang positif. Semua kembali kepada Anda para pembaca.
Gadgetan sendiri merasa jika berbicara soal teknologi smartphone, LG mungkin harus belajar banyak dari musuh abadi mereka yaitu Samsung. Lain halnya, jika berbicara soal produk elektronik lain seperti TV dan Kulkas, LG memang adalah rival kuat dari Samsung baik di Korea maupun dunia.
Perangkat ini sempat dijual oleh vendor LG pada booth mereka di event Indocomtech 2012 yang berlangsung dari 31 Oktober 2012-4 November 2012 kemarin. Saat itu, LG Optimus V hanya dijual dengan harga IDR  4.999.000 karena memiliki kerjasama promo dengan Bank Mega. Setelah event selesai, Optimus Vu kembali dijual dengan harga semula yaitu IDR 5.499.000 ditambah dengan bonus berupa Rubberdium PenLeather Case serta Cube Power Bank 3000mAh.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites