Saturday, November 24, 2012

Pulau Sandy di wilayah Asia Pasifik yang muncul di Google Maps tidak pernah ada


Dua hari belakangan ini terdengar santer tentang menghilangnya sebuah pulau kecil bernama Pulau Sandyyang berada di sekitar benua Australia. Uniknya, pulau yang hilang ini terlihat pada peta maritim Australia, dunia bahkan Google Earth dan Google Maps selama hampir 1 dekade. Lalu apa yang terjadi?
Para peneliti di Australia yang berasal dari Universitas Sydney mencoba mencari tahu apakah pulau itu benar-benar ada. Mereka pun melakukan perjalanan sesuai arah navigasi yang ada pada berbagai peta. Menariknya, ketika mereka sudah berada pada posisi tersebut mereka hanya menemukan sebuah perairan dengan kedalaman 1,400 meter atau sekitar 4,620 kaki.
Pulau Sandy ketika terlihat di peta terlihat sangat kecil namun dikelilingi oleh lautan coral tentunya pulau itu akan menjadi surga dan nirwana pantai yang pernah ada. Para peneliti pun menjadi penasaran bagaimana ada pulau di wilayah tersebut ketika alat navigasi menunjukkan wilayah tersebut adalah sebuah perairan yang dalam.
Dr. Maria Seton yang menjadi salah satu tim peneliti mengatakan,”Di Google Earth dan peta lain juga tertera pulau Sandy sehingga kami ingin memeriksa dan tidak ada daratan. Kami sangat bingung. Bagaimana pulau Sandy ini bisa sampai masuk di peta? Kami juga tidak tahu, tapi kami berencana untuk menindaklanjuti dan mencari tahu.”"
Seorang juru bicara badan Google mengatakan, “Kami telah berkonsultasi dengan berbagai pihak otoritas baik sumber data publik maupun komersial untuk menyediakan data peta yang paling kaya dan se uptodate mungkin. Salah satu hal menarik tentang peta dan geografi adalah bahwa dunia adalah tempat yang selalu berubah, dan tetap mengetahui perubahan ini adalah usaha yang tidak pernah berakhir”
Pulau itu bagaimanapun bisa menjadi hasil dari kesalahan manusia yang diulang berkali-kali selama 1 dekade.Namun, bagaimana bisa data salah tersebut bisa berada pada peta lainnya. Apakah Pulau Sandy pernah ada dan kini menghilang? atau Pulau Sandy tidak pernah ada? Jawaban itu masih terus diteliti oleh para ilmuwan, namun yang jelas sebuah pulau tidak akan hilang begitu saja. 

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites