Saturday, November 24, 2012

KESEHATAN - JANGAN SAMPAI PEKERJAAN MEMPENGARUHI MENTAL ANDA

hotsblack.com - Akan sangat baik jika selama ini Anda menjalani pekerjaan yang menyenangkan, dengan lingkungan yang nyaman. Pasalnya, benci dengan pekerjaan sendiri akan berdampak buruk pada kondisi kejiwaan. Stres dan depresi parah bisa dialami, layaknya seorang pengangguran.

Hal ini bukan hanya soal kondisi fisik, misalnya bekerja di pabrik berdebu, panas, atau berisik. Tapi juga terkait erat dengan faktor-faktor psikologis seperti atasan, pekerjaan yang menuntut banyak serta status pekerjaan yang tidak jelas. Fakta terbaru ini ini menurut tim dari Australian National University, yang melakukan penelitian seputar kondisi psikologis para pekerja.

Mereka  membandingkan kesehatan mental orang yang menganggur dan orang yang memiliki pekerjaan dengan kondisi psikosial yang berbeda. Peter Butterworth, profesor psikologi dan salah satu peneliti mengungkap, kalau masalah mental orang yang tak menikmati pekerjaannya sama dengan pengangguran.

"Dari hasil analisis kami sangat jelas kalau tak ada bedanya gangguan mental yang dialami. Seperti, tidak tenang, depresi, ketakutan, dialami oleh pengganguran dan juga orang dengan pekerjaan yang buruk," kata Butterworth, dikutip dari Daily Mail.

Kedua kelompok tersebut ternyata lebih sering mengalami gangguan mental dibandingkan pekerja yang menyukai pekerjaannya. Penelitian sebelumnya pernah menemukan fakta, seseorang yang tak suka dengan pekerjaannya cenderung mengalami masalah tekanan darah tinggi, meskipun ketika tidak bekerja.

Tak hanya itu, pada karyawan yang sudah bekerja keras namun tak kunjung mendapat promosi, risiko penyakit jantung pun semakin tinggi. Hal ini menurut penelitian tim dari University of Leeds, Inggris.

"Ini seperti ketika Anda sudah mengeluarkan segala kekuatan dan usaha tapi tak ada penghargaan. Efeknya adalah stres parah yang bisa berujung pada penyakit jantung," kata Daryl O’Connor, profesor psikologi dari University of Leeds



Sumber

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites