Tuesday, October 11, 2011

Bulan Purnama Terkecil Akan Terjadi Besok

Bulan Purnama Terkecil Akan Terjadi Besok - Setelah menikmati fenomena Bulan super besar atau Supermoon pada Maret lalu, kini giliran warga Bumi bisa menikmati fenomena yang berkebalikan. Bulan Purnama akan terbit esok hari dan tampak dalam ukuran yang paling kecil sepanjang tahun 2011.

Berdasarkan publikasi Space.com, fenomena ini akan terjadi pada malam ini pukul 02.06 GMT. Jika ini benar, maka sayangnya, masyarakat Indonesia tak bisa menikmatinya karena purnama terkecil ini akan jatuh pada pagi hari, saat Matahari sudah terbit.

Purnama terkecil ini diprediksi terjadi 10 jam setelah puncak purnama yang terjadi pukul 12.00 GMT hari ini atau 07.00 WIB malam nanti. Pada saat terjadi purnama terkecil, Bulan akan tampak 12,3 persen lebih kecil dari Supermoon.

Besar kecilnya ukuran Bulan dipengaruhi oleh pergerakan Bulan terhadap Bumi. Karena orbit bulan berbentuk elips, maka Bulan bisa berada di titik terdekat (perigee) ataupun titik terjauh (apogee). Saat Purnama terkecil, Bulan sedang ada pada titik terjauh.

Jarak apogee yang akan dicapai pada purnama terkecil nanti adalah 406.434 km, cuma 248 km lebih pendek dari maksimum apogee yang mungkin terjadi. Jarak apogee terjauh diperkirakan akan terjadi pada 3 Februari 2125, saat Bulan dan Bumi terpisah sejauh 406.720 km.

Untuk fenomena purnama terkecil ini, warga Bumi yang beruntung menyaksikannya adalah yang ada di Eropa dan Amerika. Untuk yang ada di Indonesia, mungkin bisa menunggu purnama-purnama terkecil yang mungkin terjadi di tahun berikutnya.
(sumber:kompas.com)

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites