Monday, April 23, 2012

Pertambangan Asteroid,Mungkinkah CEO Google Terlibat?

[imagetag]
Sebuah proyek misterius, yang menyeret-nyeret dua nama eksekutif Google serta sutradara James Cameron, terendus oleh situs Technology Review asuhan MIT. Benarkah proyek tersebut merupakan sebuah proyek pertambangan luar angkasa?

Dalam berita yang dilansir dari situs mereka, tertulis bahwa sebuah perusahaan bernama Planetary Resources akan segera di publikasikan ke publik dalam konferensi pers tanggal 24 April mendatang (ditulis juga bakal disiarkan secara langsung melalui streaming). Perusahaan ini kabarnya akan bergerak di bidang eksplorasi pertambangan dan pemanfaatan sumber daya alam. Jika informasi ini akurat, tentu saja ini adalah sebuah lompatan historis dalam sejarah manusia. Tapi selain itu, ada lagi informasi menarik yang dapat kita baca dari berita tadi, yaitu munculnya nama-nama terkenal dari daftar individu yang membekingi proyek ini.
Diantaranya yang terlibat, ada nama dua petinggi Google, Larry Page dan Eric Schmidt, ada juga sutradara papan atas James Cameron. Keduanya belum memberikan konfirmasi kebenaran informasi tersebut. Nama lainnya yang muncul adalah Eric Anderson yang berpengalaman dalam bidang tur luar angkasa, dan dua orang dari NASA, astronot Tom Jones dan mantan manager misi NASA Chris Lewicki. Semua orang ini juga belum kami temui konfirmasinya.

Yang jadi pertanyaan, apakah mendirikan tambang di luar angkasa adalah sesuatu yang mungkin bagi manusia? Jika melihat dari bukti yang kita miliki sejauh ini, maka jawabannya adalah 'ya', atau mendekati itu. Pendiri X Prize (organisasi pendidikan non profit yang tujuannya membantu manusia melalui terobosan-terobosan radikal) Peter Diamandis pernah berbicara di mimbar TED pada tahun 2005. Ketika itu yang ia bahas adalah bagaimana cara mengembangkan eksplorasi sumber daya alam ke luar planet Bumi. Metode yang ia utarakan berbentuk proyek penambangan asteroid, dan ia mengklaim proyek tersebut dapat menghasilkan keuntungan 20 triliun dollar dari asteroid yang penuh berisi nikel-besi. Dan hubungannya dengan perusahaan Planetary Resources? Ia ditunjuk sebagai salah satu CEO perusahaan tersebut didampingi Eric Anderson.
[Sumber Asli]

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites